Rusia Segera Kirim Sistem Pertahanan Udara S-400 ke Turki

Rusia Segera Kirim Sistem Pertahanan Udara S-400 ke Turki

ANKARA (Jurnalislam.com) – Moskow dan Ankara menyetujui pengiriman sistem pertahanan udara S-400 ke Turki, kata pembantu presiden Rusia Vladimir Kozhin pada hari Kamis (29/6/2017).

“Kontrak telah disepakati. Masalah pinjaman belum terselesaikan,” kata Kozhin seperti dikutip oleh kantor berita Rusia RIA Novosti, lansir Anadolu Agency.

Kozhin mengatakan Rusia menilai “tidak ada hambatan” terhadap pengiriman sistem pertahanan rudal udara ke Turki sehubungan dengan keanggotaan Turki di NATO.

S-400 adalah sistem pertahanan udara generasi baru milik Rusia. Sistem ini bisa membawa tiga jenis rudal yang mampu menghancurkan target termasuk rudal balistik dan jelajah di udara

Sistem ini juga dapat melacak dan mengunci hingga 300 target pada waktu yang sama dan memiliki batas ketinggian 27 kilometer (17 mil).

Namun saat serangan rudal balistik Tomahawk milik AS ke lapangan udara militer rezim Suriah, tidak satu pun rudal S-400 Rusia yang menghadang meski rudal tersebut digelar disana sebagai pertahanan udara.

AS Gempur Pangkalan Udara Assad dengan 59 Rudal Tomahawk

Bagikan
Close X