Rebut Kembali Kota Utara Mokha, Jenderal Yaman Tewas Dihantam Rudal Houthi

Rebut Kembali Kota Utara Mokha, Jenderal Yaman Tewas Dihantam Rudal Houthi

YAMAN (jurnalislam.com) – Sumber mengkonfirmasi ke Al Arabiya bahwa tentara Yaman telah kembali menguasai kota Yakhtul di utara Mokha. Selanjutnya, pasukan Tentara Nasional Yaman juga mendominasi pegunungan di sebelah timur Mokha pada Rabu subuh (22/02/2017), setelah pertempuran sengit berlangsung selama sekitar 24 jam melawan kelompok-kelompok milisi Syiah Houthi, menurut sumber-sumber militer di Taiz.

Sebuah rudal balistik yang ditembakkan oleh pemberontak Houthi Yaman pada pertempuran tersebut menewaskan wakil kepala staf militer negara itu, kata para pejabat.

Para pejabat militer Yaman mengatakan rudal itu menghantam titik berkumpulnya para komandan militer. Sebanyak tujuh perwira tewas, termasuk al-Yafie, dan 25 lainnya luka-luka, kata mereka, berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Perdana Menteri Yaman Ahmed Abdu Dagher menyatakan belasungkawa di Twitter setelah serangan itu, mengatakan “akhir bagi musuh sudah dekat.”

Selama pertempuran, sedikitnya sembilan pemberontak Syiah Houthi juga tewas dan puluhan lainnya luka-luka setelah serangan koalisi. Angkatan Tentara Nasional maju menuju kamp Khaled di distrik Mawza didukung serangan udara berat dari pesawat koalisi Arab.

Sebuah sumber militer menjelaskan bahwa Tentara Nasional terus mencetak kemajuan ke arah Direktorat timur Mokha yang terletak antara provinsi Taiz dan al Hudaydah untuk benar-benar memblokir pasokan bagi kelompok-kelompok milisi.

Mokha, sebuah pelabuhan Laut Merah yang strategis, menyaksikan pertempuran sengit antara Syiah Houthi yang didukung Iran bersama pasukan sekutu yang setia kepada Presiden Ali Abdullah Saleh yang terguling melawan pasukan pro-pemerintah.

Puluhan ribu orang baru-baru ini mengungsi menghindari pertempuran di sepanjang pantai barat.

Bagikan
Close X