Puluhan Ribu Umat Islam AS Berkumpul dalam Konvensi Muslim ke 41 di Baltimore

Puluhan Ribu Umat Islam AS Berkumpul dalam Konvensi Muslim ke 41 di Baltimore

BALTIMORE (Jurnalislam.com) – Puluhan ribu umat Islam dari seluruh AS berkumpul pada hari Sabtu dalam pertemuan terbesar Muslim Amerika, konvensi ke-41 Lingkaran Islam Amerika Utara (Islamic Circle of North America-ICNA) – Muslim American Society (MAS) di Baltimore, Maryland, sekitar 65 kilometer (41 mil) dari Washington DC, Anadolu Agency melaporkan, Sabtu (28/05/2016).

Selama konvensi, yang berlangsung 28-30 Mei dan tahun ini menghormati Al-Quran, Bimbingan Ilahi, pembicara dari seluruh dunia menyampaikan ceramah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai kitab suci Al Quran.

Penyelenggara acara mengatakan mereka mengharapkan lonjakan kehadiran sedikitnya 30 persen tahun ini, yaitu 26.000 atau lebih, The Baltimore Sun melaporkan.

Berbicara pada pembukaan konvensi, Presiden ICNA Naeem Baig mengatakan tahun ini mereka memilih tema Quran untuk menjelajahi keindahan kitab suci sambil menepis kesalahan penafsiran terhadap iman Islam dan Muslim di media mainstream AS dan retorika yang digunakan oleh beberapa politisi.

“Kami merasa tugas kita sebagai Muslim Amerika adalah untuk berbicara tentang iman kita, untuk berbicara tentang keberadaan kita, untuk berbicara tentang kitab Allah,” kata Baig.

“Keyakinan kami adalah bahwa kitab ini berasal dari ilahi dan bahwa ia memiliki jawaban untuk segala sesuatu yang kita hadapi dalam hidup kita.”

Menaiki panggung setelah Baig, Nadeem Siddiqi, ketua Dewan Pembina Muslim American Society, mengatakan kepada hadirin bahwa kitab suci ini ditujukan untuk pertumbuhan masyarakat secara keseluruhan dan bermanfaat bagi semua orang.

Karena “kebangkitan” di masyarakat tidak terjadi dalam semalam, Siddiqi menambahkan bahwa setiap Muslim harus mengambil tanggung jawab individu untuk membantu mewujudkannya.

“Kita harus mengambil inisiatif kita sendiri,” katanya, seperti penerapan Quran dalam kehidupan dapat mengubah status quo dan membendung masalah yang kita hadapi.

Oussama Jammal, sekretaris jenderal Dewan Organisasi Muslim AS, mengatakan bahwa sekarang adalah waktu bagi umat Islam Amerika untuk bersatu melawan ancaman Islamophobia. (baca juga : CAIR: Obati Islamophobia dengan Permen Islamophobin (video))

Mengutip contoh calon presiden Partai Republik Donald Trump, yang terkenal karena menyerukan larangan Muslim memasuki AS, Jammal mendesak komunitas Muslim-Amerika untuk meningkatkan suara terhadap retorika Islamophobia tersebut.

Pada acara tersebut, Anadolu Agency juga membuka stand di area konvensi untuk meluncurkan paket baru yang difokuskan hanya pada dunia Islam.

Paket Berita The Anadolu World Report akan menyampaikan berita politik, ekonomi, budaya, dan sosial kepada pelanggannya dalam bahasa Inggris, Arab, dan Turki.

Pelanggan akan dapat dengan mudah mengikuti kritis berita dalam dunia Islam, menonton siaran langsung, mencari kalender acara, dan memiliki akses wawancara eksklusif dengan para pemimpin Muslim yang dilakukan oleh jaringan global wartawan yang luas

Selain laporan analitis, sebuah katalog dan koleksi fotografi yang mudah dicari dan diindeks serta terus diperbarui juga akan tersedia, memungkinkan pelanggan untuk melihat gambar yang berkaitan dengan program dan tanggal penting di dunia Islam dan menonton video.

Topik yang direncanakan akan dibahas selama konvensi tiga hari Baltimore tersebut termasuk tantangan Muslim yang tinggal di Amerika Utara, Islamofobia dan diskriminasi, dan bagaimana menangani masalah yang dihadapi umat Islam setiap hari.

Konvensi tahunan ICNA-MAS ini adalah salah satu pertemuan terbesar Muslim Amerika di AS. Konvensi tahun ini adalah tahun ketiga berturut-turut yang diadakan di Baltimore.

 

Deddy | Anadolu Agency | Jurnalislam

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X