Polisi China Bunuh 4 Muslim Uighur di Xinjiang

Polisi China Bunuh 4 Muslim Uighur di Xinjiang

XINGJIANG (Jurnalislam.com) – Polisi China menembak mati empat orang yang diduga menyerang sebuah kantor Partai Komunis di wilayah Xinjiang yang bergolak pada hari Rabu, kata media pemerintah, dalam insiden paling berdarah dalam beberapa bulan tersebut, lansir World Bulletin, Rabu (28/12/2016).

“Empat penyerang melaju ke kantor partai Komunis lokal dan meledakkan sebuah perangkat peledak menewaskan satu orang dan melukai tiga orang lainnya,” kata kantor berita resmi Xinhua, mengutip pernyataan dari otoritas lokal.

Empat penyerang tersebut kemudian ditembak mati oleh polisi, Xinhua menambahkan, tanpa menentukan apakah mereka tewas di tempat atau di kemudian hari.

Xinjiang, tanah air bagi sebagian besar Muslim Uighur, agama minoritas di China – banyak dari mereka diperlakukan diskriminasi dan pengendalian terhadap budaya dan agama Islam mereka – sering terjadi kerusuhan sebagai akibat dari penindasan China terhadap Muslim Uighur.

China menyalahkan separatis kekerasan tetapi kelompok-kelompok hak asasi manusia menunjuk bahwa tindakan Beijing sendiri sebagai pemicu kerusuhan.

Bagikan
Close X