Pertempuran Jalanan Berkobar di Kota Mosul

Pertempuran Jalanan Berkobar di Kota Mosul

MOSUL (Jurnalislam.com) – Kelompok Islamic State (IS) telah meluncurkan beberapa serangan balik terhadap pasukan Irak di kota Mosul, menggarisbawahi pertempuran seterusnya akan berlangsung intens saat pasukan pemerintah Irak dan sekutu mereka bergerak masuk ke lingkungan padat penduduk, lansir World Bulletin, Sabtu (12/11/2106).

Seorang pembom mobil IS menargetkan tentara Irak di lingkungan Qadisiya di timur Mosul Sabtu dini hari, menimbulkan pertempuran sengit yang melibatkan mortir, tembakan, dan granat berpeluncur roket.

Petugas Irak mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa pertempuran juga berlangsung di daerah Arbajiya.

“Pertempuran berlangsung intens pagi ini. Kami sedang berusaha untuk membentengi posisi kami di Arbajiya sebelum melanjutkan serangan kami ke al-Bakr,” Kolonel Muntadhar Salem dari unit kontraterorisme mengatakan.

Salem kemudian menjelaskan bahwa tujuan mereka adalah mengelilingi kawasan al-Bakr, tapi tidak untuk saat ini.

Di sebelah selatan kota, polisi Irak setingkat militer mengatakan mereka datang dari jarak sekitar 5 km dari bandara Mosul, yang ditunjukkan gambar satelit telah dijaga ketat oleh ISIL.

Gambar, yang diambil awal bulan ini oleh perusahaan intelijen swasta Stratfor yang berbasis di AS, menunjukkan pasukan IS membersihkan medan dan meratakan bangunan di sekitar bandara dan bekas pangkalan militer terdekat di tepi barat Sungai Tigris.

Deretan barikade beton, gundukan tanah dan puing-puing bisa dilihat memblokir rute utama ke pusat kota.

Bagikan
Close X