PBB Kecam Koalisi Saudi atas Serangan Udara pada Warga Sipil Yaman

PBB Kecam Koalisi Saudi atas Serangan Udara pada Warga Sipil Yaman

YAMAN (Jurnalislam.com) – Perserikatan Bangsa-Bangsa pada hari Jumat (21/7/2017) menyalahkan sebuah koalisi pimpinan-Arab Saudi atas serangan udara mematikan terhadap warga sipil di Yaman pekan ini, dengan mengatakan bahwa tidak ada target militer di wilayah tersebut yang terkena tembakan, lansir World Bulletin.

Kantor hak asasi manusia PBB, yang menyebutkan korban tewas tersebut berusia 18, mengatakan bahwa serangan itu menyerang tiga keluarga yang tinggal sementara di sebuah rumah jerami setelah dipindahkan dari rumah mereka tiga bulan yang lalu akibat pertempuran.

Kantor tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan tersebut dilakukan oleh “Pasukan Koalisi Arab”, mengacu pada aliansi pimpinan-Saudi yang memerangi pemberontak Syiah dalam mendukung pemerintah Yaman yang diakui secara internasional.

“Tampaknya tidak ada sasaran militer manapun di sekitar rumah yang hancur itu,” tambahnya.

Koalisi yang dipimpin Saudi menghadapi kritik berulang atas korban sipil di Yaman. Mereka melaporkan pemberontak Syiah Houthi yang didukung Iran menggunakan warga sipil sebagai tameng manusia.

Koalisi tersebut telah mengaku bertanggung jawab atas beberapa serangan yang menewaskan warga sipil, termasuk sebuah serangan di ibukota Sanaa yang dikuasai pemberontak, pada bulan Oktober 2016 yang menewaskan lebih dari 140 orang dalam sebuah upacara pemakaman.

PBB menyerukan “penyelidikan komprehensif dan tidak memihak” terhadap insiden terakhir.

Konflik di Yaman telah meningkat secara dramatis sejak Maret 2015, ketika pasukan pimpinan Saudi melancarkan operasi militer melawan para pemberontak Syiah Houthi.

Bagikan
Close X