PBB: Jika Serangan ke Idlib Dilakukan, Bencana Kemanusian Terburuk akan Terjadi

PBB: Jika Serangan ke Idlib Dilakukan, Bencana Kemanusian Terburuk akan Terjadi

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Dampak serangan militer di Idlib kemungkinan akan menjadi yang terburuk yang pernah terjadi di Suriah, PBB mengatakan Kamis (6/9/2018).

Dalam sebuah pernyataan, Penasihat Khusus PBB tentang Pencegahan Genosida,  Adama Dieng mendesak semua pihak dalam konflik di Suriah untuk melindungi warga sipil sesuai dengan hukum internasional.

“Berulang kali kita menyaksikan kengerian yang dihadapi oleh penduduk sipil Suriah – di Aleppo, di Ghouta Timur, di Raqqah, dan yang paling baru di Dara’a dan Qunaitra. Mengingat tingginya populasi warga sipil di Idlib, dampak dari serangan militer ini mungkin merupakan yang terburuk yang pernah kita lihat di Suriah,” kata Dieng, lansir Anadolu Agency.

Baca juga: 

Utusan khusus tersebut menyatakan dukungannya pada seruan Utusan Khusus untuk Suriah Stephan de Mistura untuk solusi politik atas konflik tersebut.

Dieng mencatat Idlib adalah zona de-eskalasi terakhir di bawah perjanjian Astana Mei 2017, dan menampung ratusan ribu warga sipil yang mencari perlindungan di sana.

Diperkirakan 2,9 juta orang tinggal di daerah itu, termasuk 1 juta anak-anak. Setengah dari orang-orang ini mengungsi dari bagian lain negara itu, menurut Dieng.

Terletak di dekat perbatasan Turki, Idlib adalah rumah bagi lebih dari 3 juta warga Suriah, banyak dari mereka adalah penduduk yang melarikan diri dari kota-kota lain setelah serangan oleh pasukan rezim Syiah Assad.

Rezim Suriah baru-baru ini mengumumkan rencana untuk meluncurkan serangan militer besar-besaran ke daerah tersebut, yang dikendalikan oleh berbagai kelompok oposisi bersenjata.

Pesawat tempur Rusia pada hari Selasa menggempur target sipil dan oposisi di Idlib.

Baca juga: 

Pada hari Selasa, kepala kemanusiaan PBB Mark Lowcock memperingatkan bahwa serangan semacam itu akan mengarah pada “bencana kemanusiaan terburuk di abad ke-21”.

“Serangan militer di Idlib dapat menjadi bencana bagi warga sipil yang mencari perlindungan di sana. Sebelumnya rezim Nushairiyah Suriah melakukan serangan di daerah-daerah yang dikuasai oleh kelompok oposisi bersenjata di Suriah tanpa memperhatikan kehidupan warga sipil di sana,” kata Dieng.

Bagikan

2 thoughts on “PBB: Jika Serangan ke Idlib Dilakukan, Bencana Kemanusian Terburuk akan Terjadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X