Pasukan Irak Rebut Bandara dan Pangkalan Militer IS di Barat Mosul

Pasukan Irak Rebut Bandara dan Pangkalan Militer IS di Barat Mosul

MOSUL (Jurnalislam.com) – Pasukan Irak yang sedang bergerak mendekati bagian barat Mosul yang dikendalikan kelompok Islamic State (IS) telah merebut bandara kota dan pangkalan militer di dekatnya, kata televisi negara, Kamis (23/02/2017).

Pasukan khusus Irak (Counterterrorism service-CTS) dan unit elit kementerian dalam negeri yang dikenal sebagai pasukan Rapid Response turun di bandara dan dekat kompleks militer Ghatlani Kamis pagi, juru bicara CTS Sabah al-Numan mengatakan kepada televisi pemerintah.

“Ini adalah salah satu prestasi besar yang pasukan Irak harapkan di tahap pertama menuju sisi barat kota,” kata reporter Al Jazeera Osama Bin Javaid, melaporkan dari Erbil.

“Daerah ini berjarak sekitar 30 km jauhnya dari tepi barat kota, dan pasukan Irak sekarang mengatakan bahwa mereka berada dalam kontrol penuh.

“Mereka mengatakan bahwa dua bangunan utama kota telah dihancurkan oleh IS dan mereka telah menemukan sejumlah bom mobil diparkir di lokasi strategis di titik masuk dan sepanjang landasan pacu Bandara Internasional Mosul.”

Kompleks bandara dan militer, yang meliputi barak dan arena pelatihan dan terletak di dekat jalan raya Baghdad-Mosul diduduki IS saat kelompok menguasai Mosul pada Juni 2014.

Kemajuan diperoleh beberapa hari setelah pasukan Irak secara resmi meluncurkan operasi untuk mendorong IS keluar dari setengah bagian barat Mosul.

Operasi untuk merebut kembali kota terbesar kedua Irak secara resmi diluncurkan pada bulan Oktober dan pada bulan Januari setengah dari wilayah timur Mosul dinyatakan “sepenuhnya dibebaskan.”

Bagikan
Close X