Mahasiswa UMS Raih Penghargaan di Kompetisi Hacker

Mahasiswa UMS Raih Penghargaan di Kompetisi Hacker

SURAKARTA (Jurnalislam.com) – Fakhrur Razi, Ilham Wicaksono, dan Nur Chudlori tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil menyabet gelar juara satu di kompetisi Pagelaran Mahasiswa Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) X.

 

Ia menyabet juara di kategori bidang keamanan jaringan dan sistem informasi pada awal November lalu di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Bagi sebagian orang, profesi hacker masih dianggap miring. Profesi yang berbahaya lantaran dianggap sebagai pencuri data bahkan pembajak akun orang lain.

Padahal profesi hacker tidak seperti yang terlihat di layar kaca. Tiga mahasiswa kreatif ini membuktikan bahwa menjadi seorang hacker juga bisa berprestasi dan bermanfaat bagi masyarakat.

Fakhrur dkk menyisihkan 100 tim lain dan 10 tim server terpilih. Selama lima jam penuh Fakhrur dkk harus berjuang mempertahankan server-nya dan meretas server lawan.

“Ini kali ketiga kami mengikuti kompetisi ini. Meskipun selalu lolos sampai babak final. Tapi baru kali ini kami bisa meraih juara satu,” ungkap Fakhrur Rabu (14/11) lansir Muhammadiyah.or.id.

Ada sembilan tim lain yang mereka lawan. Satu tim akan mendapatkan satu server yang berisi informasi penting. Masing-masing server dibuat sama persis alias identik. Artinya, jika bisa membuka servernya sendiri, maka celah tersebut akan bisa diserang oleh tim lain.

Kecuali kalau celah tersebut sudah diamankan dengan melakukan defense. Maka akan sulit untuk membobol dan dibobol.

“Kami dan tim harus bisa mencari jalan lain untuk bisa meretas informasi penting server lawan,” sambung Fakhrur.

sumber: muhammadiyah.or.id

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X