Liga Arab Serukan Ankara Hentikan Operasi Militer di Suriah, Begini Kata Turki

Liga Arab Serukan Ankara Hentikan Operasi Militer di Suriah, Begini Kata Turki

ANKARA (Jurnalislam.com) – Turki pada hari Selasa (17/4/2018) mengecam resolusi Liga Arab yang menyerukan agar Turki mengakhiri operasi militer di Afrin, Suriah barat laut.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Kementerian Luar Negeri Hami Aksoy mengatakan liga mengabaikan perjuangan Turki untuk mengurangi konflik, mempertahankan proses politik di Suriah, dan menyediakan rumah bagi jutaan pengungsi Suriah yang terlantar, lansir Anadolu Agency.

Pada hari Ahad (15/4/2018), Liga Arab mengeluarkan resolusi yang menyerukan pasukan Turki untuk mundur dari Afrin, mengklaim hal itu akan membantu upaya menyelesaikan krisis Suriah.

Saudi Ajak Amerika Terjunkan Pasukan Darat ke Suriah untuk Koalisi Lebih Luas

Hami Aksoy

Aksoy mengatakan Operasi Olive Branch Turki di Afrin adalah operasi pertahanan diri terhadap organisasi teroris yang mencoba memecah Suriah.

Turki meluncurkan Operation Olive Branch pada 20 Januari untuk membersihkan kelompok teroris YPG dan kelompok IS dari Afrin di Suriah barat laut di tengah meningkatnya ancaman dari kawasan itu.

Milisi Dukungan AS akan Keluar dari Manbij, Menlu Turki: Tidak Cukup Hanya Itu

Menurut Staf Umum Turki, operasi tersebut bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah Timur Tengah serta untuk melindungi warga Suriah dari penindasan dan kekejaman teroris PYD.

Suriah telah terkunci dalam perang global yang ganas sejak 2011, ketika rezim Syiah Assad menindak keras protes warga dengan keganasan militer yang tidak terduga.

Sejak itu, ratusan ribu orang tewas dalam konflik itu, menurut laporan PBB.

Bagikan
Close X