Jika Pertempuran di Idlib Terjadi, Bantuan Pangan PBB Hanya Cukup Sepekan

Jika Pertempuran di Idlib Terjadi, Bantuan Pangan PBB Hanya Cukup Sepekan

JENEWA (Jurnalislam.com) – Program Pangan Dunia PBB (World Food Programme-WFP) pada hari Jumat (7/9/2018) mengatakan bahwa mereka memiliki cukup makanan hanya untuk 850.000 orang selama sepekan jika konflik terjadi di provinsi Idlib di Suriah barat laut.

“Antisipasi konflik di provinsi barat laut Idlib dapat memicu perpindahan besar di Suriah dan menuju perbatasan utara dengan Turki,” kata juru bicara WFP Herve Verhoosel pada konferensi pers di Kantor Jenewa PBB.

“WFP memiliki persediaan makanan darurat yang siap digunakan,” kata Verhoosel, lansir Anadolu Agency.

Dia mengatakan: “Di antara stok yang disiapkan sebelumnya di dalam Suriah dan pengiriman lintas batas melalui Turki, WFP memiliki cukup makanan siap saji untuk 850.000 orang selama satu pekan, dan pasokan nutrisi untuk mendukung 180.000 anak-anak dan wanita hingga tiga bulan.”

Baca juga: 

Verhoosel mengatakan bahwa jutaan warga Suriah telah menderita kelaparan dan kemiskinan selama tujuh tahun terakhir, dan memperingatkan kerawanan pangan “sangat mengkhawatirkan” karena perpindahan di seluruh negeri terus berlanjut.

“Sekitar 6,5 juta orang di Suriah tidak aman pangan dan 4 juta lainnya berisiko menderita hal serupa – dua kali lebih banyak dari tahun lalu,” katanya, menambahkan 1,2 juta orang telah mengungsi – beberapa di antaranya berkali-kali – di tahun 2018.

Baca juga: 

Juga berbicara di konferensi, juru bicara UNICEF di Jenewa, Christophe Boulierac menyoroti tantangan yang dihadapi anak-anak di Idlib dalam hal pendidikan.

“Di daerah yang masih melihat kekerasan termasuk Idlib, bentrokan dapat menghancurkan sekolah anak-anak,” kata Boulierac.

Boulierac menekankan bahwa sekitar 400.000 anak-anak, termasuk 70.000 pengungsi internal, memulai tahun ajaran baru pada 1 September meskipun banyak kekurangan di sekolah-sekolah.

Bagikan

2 thoughts on “Jika Pertempuran di Idlib Terjadi, Bantuan Pangan PBB Hanya Cukup Sepekan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X