Jelang Pilpres, Bawaslu Temukan 6000 Kasus Politik Uang

Jelang Pilpres, Bawaslu Temukan 6000 Kasus Politik Uang

JAKARTA (Jurnalislam.com)–Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyatakan telah menerima 6.649 temuan dan laporan praktik politik uang dalam masa kampanye Pemilu 2019 ini.

Hal itu diungkapkan oleh Komisioner Bawaslu, M. Afifuddin dalam acara ILC: Kejutan OTT KPK: Ratusan Ribu Amplop untuk Serangan Fajar? di TvOne, Selasa 2 April 2019.

“Sampai detik ini bawaslu telah menerima 6.649 (temuan dan laporan), ini minus alat peraga yang diturunkan. Kalau alat peraga yang menyalahi peraturan sudah ratusan ribu,” katanya.

Dia menjelaskan jenis-jenis pelanggaran seperti pelanggaran pidana dan administrasi. Dari 6.649 sebanyak 720 adalah laporan masyarakat, kemudian sekitar 6.000 adalah temuan jajaran kami.

Sebanyak 548 temuan sudah ditangani dan untuk kasus pidana yang inkrah sudah 66 kasus, 9 diantaranya kasus politik uang.

“Dari sisi penindakan dari Bawaslu sudah ada 9 penindakan politik uang. Harapan kami bila pencegahan maksimal, praktik-praktik kejahatan semakin minimal makanya kita ajak semua melakukan pengawasan,” katanya.

Ditegaskannya, politik uang adalah penyakit laten dari proses politik pemilu. “Namanya penyakit bisa kambuhan, nah bagaimana semua berkomitmen melakukan pengawasan,” ujarnya.

sumber: viva.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X