Ini 3 Tahapan Mendidik Anak Menurut Rasulullah

SUKOHARJO (Jurnalislam.com)- Penulis buku serial Akhir Zaman, Simo Boyolali, ustaz Abu Fatiah Al Adnani mengatakan, dalam Islam, ada tiga fase perkembangan anak bagi orang tua yang ingin membesarkan anak sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah.

 

“Yang pertama adalah anak usia 1 sampai 7 tahun, di fase pertama ini kita harus menjadikan anak kita sebagai raja, jadi kita harus melayani dia, mau nyarikan susu, makanan, mainan, apapun itu, kita harus menganggapnya sebagai raja,” katanya saat memberi materi dalam kajian Tabligh Akbar bertajuk ‘Pemuda Akhir Zaman’ di Masjid Istiqomah, Krajan, Mojolaban, Sukoharjo, Sabtu, (2/5/2018).

 

Fase yang kedua, kata ustaz Abu Fatiah, adalah anak di usia 8 sampai 14 tahun. Saat usia seperti ini, anak sudah harus diperlakukan seperti tawanan.

 

“Kita sudah harus tegas kepada anak, dalam fase ini kita harus benar benar menjaganya, jadi anak harus taat kepada komandannya yaitu ayahnya, dan diusia ini kita sudah mengajarkan anak shalat dan kata Rosululloh boleh dipukul saat usianya 10 tahun,” papar ustaz Abu Fatiah.

 

Lebih lanjut, menurut ustaz Abu Fatiah adalah fase dimana orang tua menjadikan anaknya sebagai seorang sahabat, yakni di usia 15 sampai 21 tahun.

 

“Nah di fase ini kita udah nggak bisa marahin dia, karena kalau kita marahin dia akan lawan, kita pukul anak menangkis, jadi kita harus banyak bermusywarah dengannya, sebagaimana kita menggangapnya sebagai seorang sahabat,” imbuhnya.

 

Terakhir ustaz Fatiah berpesan bahwa generasi muda mempunyai peran yang sangat besar dalam dakwah Rosululloh, sebab, katanya, selama 23 tahun berdakwah, rosululloh dikelilingi oleh para pemuda hingga akhirnya ratusan ribu umat manusia memeluk agama Islam