India Beli Rudal S-400 pada Rusia Senilai $ 5 Miliar

India Beli Rudal S-400 pada Rusia Senilai $ 5 Miliar

INDIA (Jurnalislam.com) – Rusia dan India akan menandatangani kesepakatan senilai lebih dari $ 5 miliar untuk pengiriman sistem rudal Rusia S-400 ke New Delhi, menurut Kremlin.

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengawasi perjanjian itu selama perjalanannya ke India pekan ini, kata pembantu Kremlin, Yuri Ushakov, Selasa (2/10/2018), lansir Aljazeera.

“Presiden akan berangkat ke India pada 4 Oktober,” kata Ushakov kepada wartawan.

“Fitur utama dari kunjungan ini adalah penandatanganan perjanjian untuk memberikan sistem pertahanan udara S-400,” katanya. “Kontraknya akan bernilai lebih dari $ 5 miliar.”

Baca juga: 

Moskow telah bernegosiasi untuk menjual rudal jarak jauh surface-to-air S-400 ke India selama berbulan-bulan.

Penjualan itu membuat kesal Amerika Serikat, mitra pertahanan India, yang ingin membersihkan India dari teknologi Rusia.

AS telah menjatuhkan sanksi terhadap Rusia karena pencaplokannya atas Crimea di semenanjung Ukraina, yang berarti setiap negara yang terlibat dalam pertahanan atau berbagi intelijen dengan Rusia juga dapat dikenakan sanksi.

Seorang pejabat senior Pentagon mengatakan pada bulan Agustus bahwa sanksi terhadap India akan dipertimbangkan jika pembelian benar-benar dilakukan.

India telah mengisyaratkan akan meminta pengabaian khusus Washington atas sanksi, meskipun seorang pejabat AS pekan lalu mengatakan tidak ada jaminan akan melakukannya.

Sistem rudal S-400 adalah platform senjata state-of-the-art dengan jangkauan maksimum 400km, dianggap sebagai salah satu sistem pertahanan terbaik yang ada saat ini.

Akuisisi sistem S-400 akan menjadi yang terbaru dalam serangkaian panjang pembelian sistem pertahanan India, karena negara itu sebelumnya telah membeli pesawat tempur, kapal dan kapal selam dari Rusia.

India bukan satu-satunya negara yang membeli sistem pertahanan udara dari Rusia.

Negara-negara lain seperti Cina, Turki, Arab Saudi dan Qatar semuanya telah membeli atau berencana membeli senjata rudal anti-pesawat.

Baca juga: 

Para pejabat militer AS dan politisi juga telah menyatakan keprihatinan atas niat Turki untuk membeli sistem rudal Rusia.

Pada bulan Juni, Arab Saudi mengatakan akan mempertimbangkan “semua langkah yang diperlukan” jika Qatar menutup kesepakatan dengan Rusia.

Meskipun mendapat ancaman, Rusia mengatakan pasokan rudal ke Qatar akan terus berlanjut, dengan Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani mengatakan memperoleh sistem tersebut adalah keputusan “berdaulat”.

Sementara itu, menteri pertahanan Rusia mengatakan pada hari Selasa bahwa pengiriman sistem S-300 modern untuk meningkatkan pertahanan udara Suriah telah selesai.

Rusia mengumumkan bulan lalu bahwa mereka akan memberikan S-300 sepekan setelah Rusia menyalahkan Israel atas penembakan yang tidak disengaja dari pesawatnya.

Namun, Kremlin mengatakan pemasangan S-300 bertujuan untuk meningkatkan keselamatan militer Rusia dan “tidak diarahkan pada negara ketiga”.

Bagikan

One thought on “India Beli Rudal S-400 pada Rusia Senilai $ 5 Miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X