Erdogan: Turki Sepakat Kirim Pasukan dan Melatih Tentara Qatar

Erdogan: Turki Sepakat Kirim Pasukan dan Melatih Tentara Qatar

TURKI (Jurnalislam.com)Presiden Recep Tayyip Erdogan Kamis malam (8/6/2017) meratifikasi dua kesepakatan untuk mengerahkan pasukan Turki di Qatar dan melatih pasukan negara Teluk tersebut, menurut kepresidenan, lansir World Bulletin.

Parlemen Turki sebelumnya telah meratifikasi kesepakatan tersebut pada hari Rabu. Keputusan tersebut diputuskan hanya beberapa hari setelah lima negara Arab memutuskan hubungan dengan Qatar.

Kesepakatan untuk menggelar pasukan di Qatar, yang bertujuan untuk memperbaiki angkatan bersenjata negara tersebut dan meningkatkan kerja sama militer, telah ditandatangani pada bulan April di Doha.

Di bawah undang-undang tersebut, tentara kedua negara juga akan bisa melakukan latihan bersama. Langkah ini bertujuan untuk berkontribusi pada perdamaian regional dan dunia.

Selain itu, pasukan Turki akan dapat melatih pasukan Qatar, di bawah kesepakatan lain antara kementerian dalam negeri kedua negara pada bulan Desember 2015.

Pada hari Senin, Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Yaman memutuskan hubungan dengan Qatar, menuduh Doha mendukung terorisme.

Qatar membantah tuduhan tersebut, menyebut tindakan tersebut “tidak dapat dibenarkan”.

Eskalasi tersebut terjadi dua pekan setelah situs resmi kantor berita resmi Qatar diduga diretas oleh orang-orang tak dikenal yang dilaporkan menerbitkan pernyataan yang dikaitkan dengan emir negara tersebut, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani.

Insiden tersebut memicu perselisihan diplomatik antara Qatar dan tetangganya.

Bagikan
Close X