Derita Uighur dan Cerita Dokter Ernis di Xinjiang, Cina

Derita Uighur dan Cerita Dokter Ernis di Xinjiang, Cina

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Masih hangat disetiap berita dunia maupun nasional tentang penderitaan muslim Uighur. Kali ini, ada seseorang yang ingin bercerita tentang bagaimana kondisi riil penindasan yang ditentang oleh dunia Internasional tersebut.

Adalah dr. Ernis (dokter rehabilitasi medik) yang memberikan kesaksian bagaimana besarnya penderitaan warga Muslim Uighur. Dia mengisahkan ketika dirinya tinggal di Cina tepatnya daerah Xinjiang karena untuk menjalani kursus terapi metode pengobatan akupuntur.

Ia menceritakan penderitaan ketika tinggal bersama di salah satu rumah milik warga Uighur (Xinjiang). Bayangkan, untuk masalah MCK saja sudah sulit dikarenakan di setiap rumah warga Muslim Uyghur dilarang membangun WC oleh pemerintah Ciina.

Sehingga dirinya harus dikunci (digembok) ketika akan buang hajat agar orang lain tidak melihat.

Sambil terenyuh ia lanjut bercerita, bahwa warga muslim di sana tinggal secara berkelompok dan membangun masjid khusus untuk pria dan wanita.

“Masjid ini digunakan selain untuk beribadah juga digunakan untuk keperluan MCK dan sebagainya,” ungkapnya sesaat bercerita di aksi bela Uighur di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, warga Muslim di Uighur mendapatkan perlakuan sangat diskriminatif. Seperti saat ia berbelanja di salah satu mall dan menanyakan harga barang, namun tidak digubris oleh si penjaga toko dikarenakan Ernis memakai hijab.

Selain itu, warga muslim Uighur juga dilarang membuat passport oleh pemerintah Cina sehingga mereka tidak bisa pergi ke luar negeri apalagi untuk melakukan ibadah haji dan umroh.

Pemerintah Cina sangat menutup jalur akses pemberitaan ke luar, terbukti bahwa media sosial banyak yang di blokir di negara tirai bambu ini kecuali platform sosial media buatan Cina saja yang boleh diakses oleh warga di sana.

Yang lebih miris menurutnya, warga Cina dibebaskan Visanya untuk datang ke Indonesia, sedangkan warga Indonesia sendiri sangat sulit mengurus Visa untuk pergi ke Cina.

Cek Videonya :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X