BNPB: Anak Krakatau Masuki Fase Erupsi Lanjutan

BNPB: Anak Krakatau Masuki Fase Erupsi Lanjutan

SERANG (Jurnalislam.com) – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, kondisi gunung Anak Krakatau saat ini sudah memasuki fase erupsi lanjutan.

“Erupsi selanjutnya  berupa letusan-letusan Strombolian yaitu letusan yang disertai lontaran lava pijar dan aliran lava pijar yang dominan mengarah ke tenggara,” katanya dalam siaran pers yang diterima redaksi Jurnalislam.com, Kamis (27/12/2018).

“Erupsi yang berlangsung fluktuatif,” tambahnya.

Sementara itu, ia menjelaskan saat ini aktivitas letusan masih berlangsung secara terus-menerus.

“Yaitu berupa letusan Strombolian disertai lontaran lava pijar dan awan panas. Pada 26/12/2018 terpantau letusan berupa awan panas dan Surtseyan. Awan panas ini yang mengakibatkan adanya hujan abu,” ungkapnya.

Terkait hujan abu vulkanik, Sutopo mengimbau masyarakat agar mengantisipasi dengan menggunakan masker dan kacamata saat beraktivitas di luar.

Lebih dari itu ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaannya.

“Gunakan selalu informasi dari PVMBG untuk peringatan dini gunungapi dan BMKG terkait peringatan dini tsunami selaku institusi yang resmi. Jangan percaya dari informasi yang  menyesatkan yang sumbernya tidak dapat dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.