AS Jatuhkan Sanksi Kepada 17 Orang Terkait Pembunuhan Khashoggi

AS Jatuhkan Sanksi Kepada 17 Orang Terkait Pembunuhan Khashoggi

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – AS pada hari Kamis menjatuhkan sanksi kepada 17 orang terkait pembunuhan kolumnis Washington Post, Jamal Khashoggi, termasuk Konsul Jenderal Saudi di Istanbul Mohammad al-Otaibi.

Khashoggi terbunuh di fasilitas diplomatik Saudi tidak lama setelah dia memasuki konsulat 2 Oktober.

Arab Saudi berulang kali merubah penjelasan mereka atas hilangnya Khashoggi sebelum menyatakan dia terbunuh dalam sebuah operasi terencana.

Selain al-Otaibi, AS memberlakukan hukuman ekonomi pada Saud al-Qahtani, yang menurut Departemen Keuangan disebut sebagai seorang pejabat senior Saudi yang terlibat dalam perencanaan operasi, serta bawahannya, Maher Mutreb, dan 14 orang lainnya yang menurut Washington adalah bagian dari “Tim operasi” yang ditugaskan untuk membunuh Khashoggi.

Seluruh 17 orang itu, menurut Departemen Keuangan, terlibat dalam “pembunuhan sadis atas Jamal Khashoggi.”

“Orang-orang yang menargetkan dan secara brutal membunuh seorang wartawan yang tinggal dan bekerja di Amerika Serikat harus menghadapi konsekuensi atas tindakan mereka,” kata Menteri Keuangan Steven Mnuchin dalam sebuah pernyataan.

Pangeran Mahkota Saudi, Mohammad bin Salman, tidak termasuk orang-orang yang masuk daftar hitam, meskipun ada spekulasi luas bahwa penguasa de facto Kerajaan itulah yang memerintahkan serangan terhadap Khashoggi.

Baca juga:

Tetapi seraya mengindikasikan bahwa tindakan yang diambil hari Kamis bukanlah langkah terakhir Washington dalam kasus ini, Mnuchin mengatakan AS terus “bekerja dengan tekun untuk memastikan semua fakta dan akan memastikan pertanggungjawaban masing-masing pelaku yang kita temukan untuk mencapai keadilan bagi tunangan Khashoggi , anak-anak, dan keluarga yang ditinggalkannya. ”

Sentimen itu digemakan oleh Menteri Luar Negeri Mike Pompeo yang mengatakan tindakan itu adalah “langkah penting dalam menanggapi pembunuhan Khashoggi.”

“Departemen Luar Negeri akan terus mencari semua fakta yang relevan, berkonsultasi dengan Kongres, dan bekerja dengan negara-negara lain untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang terlibat dalam pembunuhan Jamal Khashoggi,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Warga AS pada umumnya dilarang melakukan bisnis dengan individu yang ditunjuk dan setiap properti yang mereka miliki di bawah yurisdiksi AS telah dibekukan.

Arab Saudi Kamis pagi mengumumkan telah menuduh 11 dari 21 tersangka terkait dengan pembunuhan Khashoggi.

Bagikan

3 thoughts on “AS Jatuhkan Sanksi Kepada 17 Orang Terkait Pembunuhan Khashoggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X