Responsive image

Armada Perang Turki Kembali Bebaskan 3 Desa di Afrin dari Milisi Dukungan AS

Armada Perang Turki Kembali Bebaskan 3 Desa di Afrin dari Milisi Dukungan AS

AZEZ (Jurnalislam.com) – Pasukan Turki dan Free Syrian Army (FSA) pada hari Ahad (18/02/2018) membebaskan tiga desa dari milisi PYD/PKK dukungan AS di Afrin, Suriah barat laut, menurut koresponden di lapangan.

Petugas Anadolu Agency di wilayah tersebut mengatakan bahwa desa-desa di bagian atas dan bawah Hecika dan Dervish Ubashi di Rajo, bagian barat Afrin, dibersihkan dari teroris PYD/PKK sebagai bagian dari Operation Olive Branch yang sedang berjalan.

Sementara itu, seorang milisi wanita ditangkap hidup-hidup oleh pasukan FSA saat menyapu Hacika bagian atas setelah pembebasannya.

1.551 Pasukan Dukungan Militer AS Tewas oleh Armada Perang Turki

Total area yang terbebaskan dari PYD ada 68 area, termasuk 47 desa dan 17 gunung atau bukit strategis.

Turki pada 20 Januari meluncurkan Operation Olive Branch untuk menghapus pasukan PYD/PKK dan IS dari Afrin.

Menurut Staf Umum Turki, operasi tersebut bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah tersebut serta melindungi Suriah dari kekejaman dan penindasan milisi dukungan AS.

Operasi tersebut dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, resolusi Dewan Keamanan PBB, hak pembelaan diri berdasarkan piagam PBB, dan penghormatan terhadap integritas wilayah Suriah, katanya.

Begini Kata Sekjen NATO atas Operasi Militer Turki di Suriah

Pihak militer juga mengatakan bahwa hanya target militer yang dihancurkan dan “perhatian sepenuhnya” diambil untuk menghindari penyalahgunaan warga sipil manapun.

Afrin telah menjadi tempat persembunyian utama bagi PYD/PKK sejak Juli 2012, ketika rezim Syiah Assad Suriah meninggalkan kota ke kelompok teror dengan cuma-cuma.

Bagikan
Close X