Responsive image

Ajak ANS Ucapkan Selamat Natal, DSKS Desak Walikota Klarifikasi

Ajak ANS Ucapkan Selamat Natal, DSKS Desak Walikota Klarifikasi

SOLO (Jurnalislam.com) – Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) mendatangi kantor DPRD Surakarta, Rabu (27/12/2017). Mereka memprotes tindakan Walikota Surakarta FX Rudyatmo yang mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2018. Ajakan tersebut diketahui dari sebuah video apel pagi pada hari Kamis (21/12/2017).

Rombongan diterima Wakil Ketua DPRD Surakarta Umar Hasyim, Wakil Ketua Komisi 1 Safari dan Wakil Ketua DPRD Jaswandi.

Ketua DSKS, Ustadz Muinudinillah Basri meminta kepada pihak yang berwajib untuk memanggil dan mengklarifikasi kepada Walikota Surakarta atas video yang ia nilai telah meresahkan umat Islam.

“Kami meminta kepada anggota Dewan untuk bisa memanggilnya dan mengklarifikasi hal ini,” ungkapnya di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Surakarta, pada Rabu (27/12/17).

Perwakilan ormas Islam lainnya juga menyampaikan pandangannya terkait tindakan Walikota Solo tersebut. Tindakan tersebut dinilai sebagai tindakan yang tidak menunjukkan rasa toleransi dan mengganggu kerukunan umat beragama.

“Ada yang menyatakan kegiatan itu seakan akan pemurtadan massal, dan hal ini kita tidak ingin terjadi di Surakarta dan agar kerukunan umat Islam di Solo terjaga bisa menghargai agama lain,” kata Ketua Komunitas Nahi Mungkar Surakarta (Konas), Ustaz Dadyo Hasto.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Surakarta Umar Hasyim berjanji akan menyampaikan aspirasi umat Islam. Ia juga akan meminta FX Rudyatmo agar tidak mengulangi kejadian yang menyakiti umat Islam lagi.

“Karena ini menyangkut individu yaitu Walikota, maka aspirasi ini akan kami sampaikan saat Rapat Pimpinan (Rapim) kepada Ketua DPRD, dan itu saya pahami karena menyangkut akidah kita itu kami paham karena di dalam agama kita itu melarang hal itu,” paparnya.

Bagikan
Close X