2.000 Lebih Milisi Syiah Afghanistan Tewas dalam Perang di Suriah

8 Januari 2018
2.000 Lebih Milisi Syiah Afghanistan Tewas dalam Perang di Suriah

ANKARA (Jurnalislam.com) – Seorang komandan milisi Syiah Afghanistan yang didukung Iran mengatakan pada hari Ahad (7/1/2018) bahwa sampai saat ini lebih dari 2.000 warga Afghanistan telah terbunuh dalam pertempuran di Suriah.

“Lebih dari 2.000 pejuang Afghanistan yang dikirim oleh Iran ke konflik Suriah terbunuh, sementara 8.000 lainnya terluka,” Zahr Mujahid, seorang komandan Syiah Divisi Fatemiyoun, yang berafiliasi dengan Garda Revolusi Syiah Iran, mengatakan kepada media Besic yang berbasis di Iran, Anadolu Agency melaporkan.

Zahr sebelumnya mengatakan kepada Kantor Berita Iran, Tasnim: “Diskriminasi terhadap pejuang Afghanistan di Iran telah mencapai titik tertentu hingga beberapa orang membedakan antara tentara Iran dan Afghanistan yang menjadi martir dalam pertempuran.”

Hizbullah Lebanon Latih Syiah Afghanistan Fatemiyoun untuk Lindungi Kuil di Damaskus

Divisi Fatemiyoun, yang didirikan oleh warga Afghanistan yang beremigrasi ke Iran, pertama kali dikirim ke Suriah pada tahun 2013, dua tahun setelah serangan berdarah rezim Syiah Nushairiyah Assad terhadap aksi damai di tahun 2011.

Garda Revolusi Syiah Iran, yang mendukung rezim Syiah Bashar al-Assad, menggunakan tentara Syiah Fatemiyoun di garis depan.

Pasukan milisi Syiah Iran bersama dengan Divisi Fatemiyoun dan Zeynebiyyoun membentuk unsur-unsur utama yang dikirim Teheran ke Suriah yang dilanda perang untuk membantu rezim Syiah Suriah, semuanya berperang di bawah bendera Garda Revolusi Iran.

Iran adalah rumah bagi sekitar 3 juta warga Afghanistan, banyak di antaranya melarikan diri dari penganiayaan dan konflik bersenjata di negara asal mereka, yang berbatasan dengan Iran.