15 Tewas, 14 Terluka Dalam Serangan di Xinjiang

SHANGHAI (Jurnalislam.com) – Kantor berita Cina, Xinhua, pada hari Sabtu melaporkan bahwa 15 orang tewas dan 14 lainnya luka-luka dalam serangan bom dan serangan pisau di barat laut provinsi Xinjiang.

Portal berita lokal, Tianshan, mengutip pihak berwenang mengatakan sebuah kelompok meledakkan bom yang ditempatkan di pasar desa yang ramai di Shache sekitar pukul 13.30 waktu setempat pada hari Jumat (28/11/2014) dan menyerang orang yang lewat dengan pisau.

Dari 15 orang yang tewas, 11 orang dilaporkan merupakan pelaku penyerangan yang dibunuh oleh pasukan keamanan.

Korban yang terluka telah dibawa ke rumah sakit daerah untuk pengobatan.

Menurut polisi, sejumlah besar bahan peledak dan benda tajam disita di tempat kejadian.

Tidak ada rincian yang diberikan mengenai alasan di balik insiden atau identitas para penyerang.

Juli lalu, 96 orang tewas ketika penyerang bersenjatakan pisau dan kapak menyerang orang yang lewat dan menyerbu kantor polisi dan gedung-gedung pemerintah di kota Elixku dan Huangdi.

Korban tewas terdiri dari 37 warga sipil dan 59 penyerang ditembak mati oleh polisi, menurut media pemerintah.

Pengadilan China menghukum mati 27 tersangka lainnya pada bulan Oktober atas dugaan keterlibatan mereka dalam insiden itu.

Kampanye ''anti-terorisme'' – yang berfokus pada Xinjiang, rumah bagi kaum Muslim Uighur – diluncurkan oleh pemerintah pusat China pada 23 Mei dan akan berlaku sampai Juni 2015.

Uighur, sebuah kelompok Turki yang mendominasi sekitar 45 persen dari penduduk Xinjiang, menuduh Cina melakukan kebijakan represif yang menahan kegiatan keagamaan, komersial dan budaya mereka. [ded412/anadolu agency]

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X