WikiLeaks Bongkar Dokumen Rahasia CIA Terbesar di Dunia Digital

WikiLeaks Bongkar Dokumen Rahasia CIA Terbesar di Dunia Digital

WASHINGTON (Jurnalislam.com)WikiLeaks pada hari Selasa (07/03/2017) membongkar koleksi dokumen rahasia CIA “terbesar yang pernah ada”.

Situs whistleblowing itu mengatakan dokumen tersebut difokuskan pada program hacking CIA termasuk rincian perangkat lunak “cyberweapons” yang dapat menargetkan telepon seluler, komputer dan TV yang tersambung ke Internet.

Hampir 9000 dokumen tersebut tidak bisa diverifikasi secara independen oleh Anadolu Agency dan CIA menolak berkomentar.

WikiLeaks mengatakan CIA baru saja kehilangan kendali perangkat cyberwarfare, termasuk “malware, virus, trojan, weaponized eksploitasi ‘nol hari’, sistem remote control malware dan dokumentasi terkait”.

Perangkat-perangkat itu memberikan akses menuju arsip oleh salah satu di antara sejumlah mantan hacker pemerintah AS dan kontraktor yang mengedarkan rincian program cyber CIA “secara tidak sah”, menurut pernyataan WikiLeaks.

Kegiatan cyber CIA diduga menargetkan berbagai perangkat elektronik seperti iPhone Apple, perangkat yang menjalankan Google Android OS, Microsoft Windows dan televisi pintar Samsung.

WikiLeaks mengatakan televisi pintar Samsung bisa berubah menjadi “mikrofon rahasia” dan merekam percakapan pribadi.

“CIA pada dasarnya telah menciptakan ‘NSA mereka sendiri’ bahkan tanpa akuntabilitas dan tanpa menjawab pertanyaan secara terbuka apakah pembelanjaan dengan anggaran besar-besaran seperti itu untuk menduplikasi kapasitas lembaga rival mereka bisa dibenarkan,” kata pernyataan itu, merujuk Badan Keamanan Nasional (National Security Agency-NSA), yang memiliki tanggung jawab utama untuk spionase elektronik.

Rilis ini diharapkan akan diikuti oleh rahasia CIA lainnya.

“Kami tidak mengomentari keaslian atau isi dari dokumen intelijen tersebut,” kata juru bicara CIA Jonathan Liu.

Pada tahun 2010, WikiLeaks menerbitkan 250.000 kabel diplomatik yang diambil oleh mantan analis intelijen tentara Bradley Manning.

Bagikan
Close X