WHD Semangati Wanita Kristen di Dunia Kenakan Hijab dan Puasa Selama Ramadhan

8 Juni 2018
WHD Semangati Wanita Kristen di Dunia Kenakan Hijab dan Puasa Selama Ramadhan

LONDON (Jurnalislam.com) – Banyak wanita Kristen di dunia telah mulai mengenakan hijab sebagai bagian dari Tantangan Hijab Ramadhan (the Ramadan Hijab Challenge) untuk menunjukkan solidaritas dengan wanita Muslim selama bulan suci Islam.

Inisiatif yang dibuat oleh organisasi World Hijab Day ini mendorong perempuan non-Muslim untuk mengenakan jilbab dan berpuasa selama Ramadhan.

“Acara ini adalah bagi mereka yang ingin meraskan pengalaman mengenakan hijab selama lebih dari satu hari untuk lebih memahami apa yang wanita Muslim lakukan setiap hari,” Nazma Khan, pendiri WHD, mengatakan kepada Al Jazeera, Rabu (6/6/2018).

Wanita Muslim pada Hari Buruh di Eropa: ‘Jilbabku Bukan Urusanmu’

Salah satu peserta, Ellie Lloyd – seorang wanita Kristen yang tinggal di Qatar dengan putrinya, mengatakan: “Saya adalah seorang wanita Kristen yang mengambil Tantangan Hijab Ramadhan 30 hari” dan alasan saya berpartisipasi dalam tantangan adalah “untuk membantu meningkatkan kesadaran dan merasakan langsung bagaimana rasanya memakai jilbab.”

“Tujuannya adalah untuk membantu memerangi Islamophobia di seluruh dunia dan membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih menerima dan lebih damai untuk hidup,” tambahnya.

Organisasi World Hijab Day didirikan pada Februari 2013 oleh Nazma Khan dengan tujuan menyebarkan kesadaran dan pemahaman tentang Hijab dan wanita Muslim.

Seorang Muslimah Pembuat Film ‘Amerika Berjilbab’ Memecah Stereotip Kelompok Islamophobia

World Hijab Day diadakan setiap tahun pada 1 Februari. Tantangan Hijab Ramadhan adalah inisiatif baru yang bertujuan untuk mengenali tantangan yang dihadapi wanita Muslim di bulan suci.

“Bagi banyak orang, jilbab adalah simbol penindasan dan segregasi. Dengan membuka jalur baru untuk memahami, Nazma berharap untuk melawan beberapa kontroversi seputar mengapa wanita Muslim memilih untuk mengenakan jilbab,” kata pernyataan di situs web mereka.