Ubah Idlib Jadi Zona De Eskalasi Permanen, Oposisi: Militer Turki Jamin Keamanan

Ubah Idlib Jadi Zona De Eskalasi Permanen, Oposisi: Militer Turki Jamin Keamanan

MOSKOW (Jurnalislam.com) – Kehadiran militer Turki di provinsi Idlib di Suriah menjamin keamanan di kawasan itu, mantan perdana menteri Pemerintahan Sementara Suriah mengatakan selama pertemuan Suriah di Sochi, Rusia, pada hari Selasa (31/7/2018).

Oposisi Suriah ingin mengubah Idlib dari zona deescalation menjadi zona gencatan senjata permanen, Ahmad Tu’mah, yang memimpin kelompok oposisi pada pertemuan format Astana negara penjamin putaran ke-10, mengatakan pada konferensi pers, lansir Anadolu Agency.

“Kehadiran sekutu Turki di titik kontrol di perbatasan regional menjamin keamanan,” katanya setelah pertemuan.

Bahas Zona De-Eskalasi Idlib, Turki, Rusia dan Iran akan Bertemu di Astana

Sementara itu, Utusan Presiden Rusia untuk Suriah, Alexander Lavrentyev, mengesampingkan kemungkinan adanya operasi militer di Idlib.

“Tidak boleh ada pembicaraan tentang serangan habis-habisan,” katanya, berbicara pada konferensi pers terpisah di Sochi.

Pekan lalu, rezim memulai penumpukan militer di Idlib barat daya dalam upaya menyerang wilayah pegunungan Turkmenistan barat laut Suriah, yang terletak di dalam zona de-eskalasi.

Idlib adalah masalah utama selama pertemuan Astana, ketika delegasi Turki menekankan pentingnya mempertahankan gencatan senjata di wilayah tersebut.

Bagikan
Close X