Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Muhammadiyah Jatim Gelar Bedah Akreditasi Guru

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Muhammadiyah Jatim Gelar Bedah Akreditasi Guru

SURABAYA (Jurnalislam.com )— Tingkatkan kualitas pendidikan, Majelis Pendidikan Dasar & Menengah (DIKDASMEN) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur menggelar pelatihan bertajuk ‘bedah akreditasi’ untuk para guru bertempat di Kantor PWM Kertomenggal Surabaya, Selasa (28/3/2018).

Acara ini menghadirkan pakar pendidikan seperti Prof. Janinur (Dosen UMSIDA Sidoarjo) dan beberapa tokoh lainnya. Tampak hadir sebagai peserta perwakilan kepala sekolah dan guru seluruh sekolah Muhammadiyah se-Jawa Timur. Sekitar 250 peserta memenuhi aula PWM Jatim dan turut antusias mengikuti kegiatan, termasuk perwakilan dari MI Muhammadiyah 1 Jombang.

Dalam sambutannya, Prof. Jainuri (dosen UMSIDA Sidoarjo) mengatakan bahwa level pendidikan itu harus ditingkatkan., salah satu diantaranya dengan cara evaluasi diri madrasah. Melihat hal itu, sudah seharusnya sebagai madrasah yang ingin selalu menjadi idaman setiap masyarakat adalah dengan memperbaiki banyak hal seperti, memperbaiki mood siswa dalam belajar, meningkatkatkan kualitas guru, membangun team work dalam diri madras

“Bahasa yang digunakan harus real sesuai dengan keadaan. Begitu juga data tiap standart harus sinkron dengan standart yang lainnya,” ujar Prof. Jainuri. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam penilaian dengan asesor nanti disarankan kepada lembaga pendidikan agar tidak menggunakan istilah “harapan, seharusnya, akan” ketika membuat data mengingat masih banyak sekolah yang melakukan rekayasa data atau melengkapi administrasi hanya sebagai formalitas saja.

Disdakmen PWM memang sengaja mengemas kegiatan ini dengan tujuan ingin membantu sekolah yang masih buta peta terkait akreditasi dengan harapan semua sekolah Muhammadiyah se-Jawa Timur mendapatkan nilai akreditasi A.

kontributor : Qurota Qurani

Bagikan
Close X