Responsive image

Tanggapi Isu Qatar, Jubir Presiden Turki Desak Dialog Sesama Negara Teluk

Tanggapi Isu Qatar, Jubir Presiden Turki Desak Dialog Sesama Negara Teluk

ANKARA (Jurnalislam.com) – Juru bicara Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Senin (5/6/2017) meminta dialog dan negosiasi di antara anggota Dewan Kerjasama Teluk (the Gulf Cooperation CouncilGCC) setelah beberapa anggotanya memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar demi masalah keamanan nasional, lansir Anadolu Agency.

Sebelumnya pada hari Senin, Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Yaman memutus hubungan dengan Qatar, yang merupakan perpecahan terburuk sejak beberapa tahun di antara beberapa negara besar di dunia Arab.

Ibrahim Kalin mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis bahwa “anggota GCC, yang berada berada dalam aliansi bisnis strategis dengan Turki, harus menyelesaikan masalah mereka melalui negosiasi, dialog, dan komunikasi”.

Setelah Erdogan meluncurkan usaha diplomatik untuk mengatasi keretakan itu, Kalin mengulangi pernyataan kesedihan Turki atas kejadian tersebut, dan mengatakan bahwa pihaknya siap untuk memenuhi tanggung jawabnya dalam periode yang akan datang.

Bagikan
Close X