Sekretaris Pertahanan AS Kunjungi Indonesia Bahas Isu Intelijen “Our Eyes”

Sekretaris Pertahanan AS Kunjungi Indonesia Bahas Isu Intelijen “Our Eyes”

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Sekretaris Pertahanan AS Jim Mattis pada hari Selasa (23/1/2018) mengadakan konferensi pers bersama dengan rekannya dari Indonesia Ryamizard Ryacudu saat berkunjung ke ibukota Jakarta, World Bulletin melaporkan.

Perjalanan tersebut adalah usaha AS untuk meningkatkan hubungan pertahanan antara kedua negara.

Kedua kepala pertahanan tersebut membahas sejumlah isu yang terkait dengan Indonesia termasuk urusan maritim, kerja sama bilateral, dan inisiatif berbagi intelijen “Our Eyes.”

Ryamizard Ryacudu juga mengatakan bahwa dia mendesak Mattis untuk mencabut sanksi terhadap Pasukan Khusus Indonesia (Kopassus) yang tidak dapat mengikuti pelatihan di AS karena dugaan pelanggaran hak asasi manusia.

Pecinta NKRI Diawasi, Badan Intelijen Dinilai Salah Kaprah

Pada tahun 2015, Indonesia dan AS mengeluarkan sebuah pernyataan mengenai kerja sama pertahanan yang komprehensif saat Presiden Indonesia Joko Widodo berkunjung ke Washington.

Mattis dijadwalkan bertemu dengan Presiden Widodo dan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto. Sebelumnya pada hari Senin, dia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk membahas bantuan dan stabilitas Palestina di wilayah Indo-Pasifik.

Kepala Pentagon memulai perjalanan satu pekannya ke Asia selama akhir pekan, berhenti di Indonesia dan Vietnam untuk memperkuat kerja sama militer karena China memperluas jangkauan militernya di Laut Cina Selatan

Bagikan
Close X