Sambut Tahun Baru Islam, Warga Cilegon Gelar Tarhib 1 Muharram

Sambut Tahun Baru Islam, Warga Cilegon Gelar Tarhib 1 Muharram

CILEGON (Jurnalislam.com) – Menyambut tahun baru Hijriah, puluhan warga Cilegon menggelar Tarhib 1 Muharam di Cilegon, Sabtu (31/8/2019).

Koordinator aksi Agus Surahmat mengatakan, kegiatan ini untuk mengingatkan umat Islam mempunyai tahun tersendiri, yaitu Hijriyah.

“Tahun Baru umat Islam itu Muharram bukan Januari. Dan Muharram adalah tonggak awal perjuangan umat Islam,” katanya kepada Jurniscom disela-sela kegiatan.

Aksi ini diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat, dari Persatuan Alumni (PA) 212 Cilegon hingga Perguruan Pencak Silat ikut memeriahkan Tarhib ini. Kegiatan Tarhib 1 Muharam 1441 Hijriah di mulai dari halaman Masjid Agung Cilegon dan berakhir di tugu Landmark Cilegon.

Tarhib 1 Muharram

Antusiasme warga terlihat sesaat peserta melakukan aksi melewati sepanjang jalan di kota Cilegon. Rumiati warga Cilegon yang menyaksikan acara tersebut mengungkapkan rasa senangnya. Ia menyebut Tarhib ini positif dan membuat warga semangat untuk menyambut tahun baru Islam.

Sementara itu Nugraha, salah seorang peserta mengatakan, memperingati bulan Muharram atau tahun baru Islam merupakan suatu kebanggaan.

Kegiatan Tarhib

“Muharram adalah momentum tonggak awal sebuah peradaban di tetap kan dan saya bangga bisa memperingati momentum ini,” ujarnya.

Selain itu, Joni dari PA 212 Cilegon menjelaskan memperingati tahun baru Islam penting dilakukan, khususnya kepada generasi muda untuk mengenal sejarah kebangkitan Islam.

“Terutama bagi anak-anak muda supaya bangga dengan Islam dan mengenal tonggak pergerakan awal umat Islam,” pungkasnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X