Ratusan Relawan White Helmets Suriah Menuju Negara-negara Barat

Ratusan Relawan White Helmets Suriah Menuju Negara-negara Barat

AMMAN (Jurnalislam.com) – Ratusan anggota badan pertahanan sipil White Helmets Suriah telah meninggalkan Yordania menuju negara-negara barat, menurut Kementerian Luar Negeri Yordania.

“Sebanyak 279 relawan pertahanan sipil telah meninggalkan kerajaan,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (17/10/2018).

Namun, pernyataan itu tidak menyebutkan secara khusus ke negara-negara mana para sukarelawan tersebut pindah.

Baca juga:  White Helmets Kini Jadi Target Pasukan Assad dan Rusia (wawancara khusus bag 1)

Menurut pemerintah, sejumlah 422 relawan White Helmets memasuki Yordania pada bulan Juli dari Suriah sebelum dimukimkan kembali di negara-negara barat.

Otoritas Yordania mengatakan bahwa kedatangan para sukarelawan tersebut adalah atas permintaan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk “alasan kemanusiaan”.

Pernyataan kementerian mengatakan anggota organisasi relawan yang tertinggal akan meninggalkan Yordania dalam waktu dua pekan.

Yordania menampung 1,3 juta warga Suriah, separuh di antaranya adalah pengungsi, sementara sisanya telah memasuki kerajaan sebelum meletusnya konflik Suriah pada 2011 untuk tujuan perdagangan dan pernikahan.

Baca juga: Jet Tempur Syiah Assad dan Rusia Incar Tim Medis White Helmets

White Helmets didirikan pada tahun 2013 dan mencakup 2.975 sukarelawan yang telah membantu menyelamatkan puluhan ribu warga sipil dari serangan brutal rezim Syiah Nushairiyah  Bashar Assad dan para pendukungnya.

The White Helmets melakukan pencarian, penyelamatan dan operasi pertolongan pertama untuk warga sipil di berbagai bagian Suriah, serta menyediakan layanan publik untuk meningkatkan kemampuan masyarakat tentang bagaimana membersihan ranjau dan peralatan peledak improvisasi.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X