Polisi New York Kritik Satuan mata-mata Terhadap Muslim

NEW YORK (jurnalislam.com) – Kepolisian New York telah membubarkan operasi mata-mata rahasia terhadap umat Islam yang menurut kelompok hak asasi merupakan operasi yang tidak berdasar dan tidak adil karena menargetkan orang hanya berdasarkan agama mereka.

Anggota unit telah dipindahkan, sebuah laporan di surat kabar New York Times pada hari Selasa (15/4/14) mengatakan.

Sebuah program pengintaian selama ini mengirim detektif ke lingkungan Muslim untuk menguping percakapan dan menonton kegiatan mereka sehari- hari. Polisi juga menyusup ke dalam  masjid dan kelompok-kelompok mahasiswa.

Program ini terungkap dalam serangkaian artikel yang dirilis kantor berita Associated Press, yang melaporkan bahwa petugas telah menyusupi organisasi Muslim sejak serangan 11 September 2001.

Pembubaran itu muncul setelah seorang hakim federal, yang berdinas di New Jersey, pada bulan lalu menolak gugatan yang dibawa oleh beberapa Muslim New Jersey yang melaporkan bahwa polisi secara ilegal menargetkan mereka semata-mata karena agama mereka.

Hakim mengatakan bahwa pengawasan persuasif yang dimaksudkan sebagai ukuran anti – terorisme, bukan anti – Muslim.

Namun, laporan Times mengutip Stephen Davis, juru bicara kepala departeme, mengatakan bahwa departemen kepolisian merubah taktiknya.

“Memahami demografi lokal tertentu dapat menjadi faktor yang berguna ketika menilai informasi ancaman yang datang ke New York City hampir setiap hari,” katanya.

“Di masa depan, kami akan mengumpulkan informasi, jika perlu, melalui kontak langsung antara polisi daerah sekitar dan perwakilan dari masyarakat yang mereka layani,” katanya.

Pejabat polisi dan mantan walikota New York, Michael Bloomberg, yang meninggalkan kantor pada bulan Januari, membela program tersebut yang dianggapnya penting bagi upaya anti – terorisme.

Bill de Blasio, walikota baru, justru mengkritik program tersebut, dan ketika ia berkampanye mengatakan bahwa pengawasan seharusnya hanya dilakukan untuk menindaklanjuti kasus tertentu.

Program ini dikritik oleh pendukung kebebasan sipil. Sebuah gugatan di New York , mirip dengan yang dibawa di New Jersey, tertunda. (ded412)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X