Al Shabaab Serang Pangkalan Militer Somalia, 26 Pasukan Tewas

Al Shabaab Serang Pangkalan Militer Somalia, 26 Pasukan Tewas

SOMALIA (Jurnalislam.com) – Kelompok Al-Shabab menyerang sebuah pangkalan militer di dekat kota pelabuhan Kismayu di selatan Somalia pada hari Ahad, (3/8/2017) kata seorang perwira tentara Somalia, menambahkan bahwa dia tidak segera mengetahui rincian korban.

Faksi jihad itu mengaku bertanggung jawab atas serangan dan mengatakan 26 tentara Somalia tewas dalam insiden tersebut, namun klaim mereka belum dapat dikonfirmasi oleh sumber lain.

“Kami mengetahui al-Shabab menyerang pangkalan dan pertempuran sengit serta ledakan terjadi, tapi tetap saja kami tidak memiliki rincian,” kata Mohamed Isa, seorang perwira militer, kepada kantor berita Reuters dari Kismayu, lansir Aljazeera.

Serangan itu terjadi di sebuah pangkalan di desa Bula Gudud, dekat Kismayu.

Radio negara juga melaporkan pangkalan tersebut telah diserang namun mengatakan korban belum diketahui.

Pangkalan tersebut dioperasikan bersama oleh tentara nasional Somalia dan pasukan dari wilayah semi-otonom Jubbaland Somalia selatan, lapornya.

Warga di Bula Gudud mengatakan ledakan terdengar dan baku tembak terjadi sesaat setelah shalat subuh hari ini.

Abdiasis Abu Musab, juru bicara militer al-Shabab, mengatakan kepada Reuters: “Pagi ini, kami menyerang pangkalan Jubbal di dekat Bula Gudud, kami membunuh 26 tentara dan membakar dua mobil.”

Al Shabab meninggalkan markas setelah merebut sejumlah senjata, amunisi dan beberapa kendaraan, tambahnya.

Al-Shabab merupakan al-Qaeda di Afrika yang memerangi pemerintah boneka Somalia bentukan Barat (AS) dan ingin menerapkan hukum (syariah) Islam di Somalia.

Bagikan
Close X