MUI Dorong Lembaga Zakat Salurkan Bantuan tingkat RT

MUI Dorong Lembaga Zakat Salurkan Bantuan tingkat RT

JAKARTA(Jurnalislam.com)— Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Anwar Abbas, mengimbau setiap tetangga saling bahu membahu membantu tetangganya terutama yang fakir miskin.

Ia juga mengusulkan agar setiap RT mulai menyurun sekelompok orang  menghimpun dana zakat, infak, maupun sedekah untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

“Misalnya saya akan membayar infak sedekah untuk tetangga saya melalui lembaga amil zakat, tetapi oleh lembaga amil zakat dibagi ke tempat lain, ini menjadi bermasalah, maka harus ada orang yang memungut zakat di tingkat RT lalu kepada penduduk di RT itu dibagi,” paparnya.

Dengan cara seperti itu, menurut dia, banyak orang kesusahan di level RT  yang terdampak wabah Covid-19 ini akan cepat tertolong.

RT dengan begitu juga akan lebih mudah menentukan siapa saja penduduk yang paling membutuhkan di daerah tersebut jika sewaktu-waktu ada pihak luar  yang memberikan bantuan.

Langkah seperti itu, menurut dia, perlu segera diambil agar masalah-masalah lain tidak timbul.

“Sementara perut tiap hari harus diisi, kalau tidak, maka yang punya perut akan merugikan baik diri sendiri ataupun orang lain,” ujarnya (MUI)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X