Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember Gelar Shalat Jum’at Perdana

JEMBER (Jurnalislam.com) – Setelah diresmikan pada 13 September 2015, shalat Jumat perdana akhirnya terlaksana di Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember, Jumat (11/3/2016).

Bertindak sebagai imam dan khotib KH Drs Hamid Hasbulloh, tokoh yang menjadi ikon amar ma’ruf dan nahi munkar Jember.  Kyai Hamid berpesan dalam khutbahnya utnuk memakmurkan masjid dan menjadikannya sebagai tempat untuk meningkatkan ilmu agama.

“Semegah apapun rumah yang kita miliki, janganlah kita terlena hingga lalai untuk memakmurkan masjid dengan sholat berjamaah. Jadikanlah masjid sebagai tempat untuk meningkatkan ilmu agama” paparnya.

Selain itu, Kyai Hamid mengingatkan jamaah shalat Jumat untuk selalu mempersiapkan bekal menghadapi kehidupan setelah kematian. “Kematian pasti akan datang kepada siapa saja, maka bersiap-siaplah untuk menyambutnya,” tegasnya.

Sholat jum’at perdana di Masjid yang dikelola oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jember itu juga dihadiri Wakil Bupati Jember KH Muqiet Arief, Kapolres Jember dan jajarannya serta sejumlah perwakilan ormas Islam di Jember.

Sementara itu, ketua takmir masjid HM Lauw Song Tjai sangat berharap adanya pembinaan dari ulama untuk eksistensi syiar agama Islam melalui masjid ini.

Masjid Muhammad Cheng Hoo berada di Kelurahan Sempusari Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Masjid ini menjadi Masjid Cheng Hoo kedelapan di Indonesia. Keberadaan masjid itu selain untuk meningkatkan syiar Islam juga dapat menambah satu destinasi wisata lagi di Jember.

Peresmian masjid itu dihadiri oleh Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Surabaya Yu Hong, Dewan Penasehat Yayasan Haji M Cheng Hoo Indonesia Bambang Sujanto. Juga ada Ketua MUI Jember Prof Abdul Halim Subahar, dan Bupati Jember MZA Djalal.

Kontributor : Adi Firdaus | Editor: Ally Muhammad Abduh | Jurnalislam

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.