LIPI: Jika Ada yang Bisa Memprediksi Datangnya Gempa Bumi, Itu Hoaks

LIPI: Jika Ada yang Bisa Memprediksi Datangnya Gempa Bumi, Itu Hoaks

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Indonesia menjadi pertemuan empat lempeng tektonik yaitu lempeng Benua Asia, Benua Australia, lempeng Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Selain itu Indonesia juga terletak di kawasan sabuk vulkanik (volcanic arc) yang memanjang dari Pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, hingga Sulawesi, yang sisinya berupa pegunungan vulkanik tua dan dataran rendah yang sebagian didominasi oleh rawa-rawa.

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko mengatakan, dari fakta di atas dapat disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia harus siap menghadapi segala kemungkinan bencana.

“Yang paling penting adalah mempersiapkan masyarakat agar selalu siaga melalui penyadaran publik mengenai mitigasi bencana, salah satunya lewat publikasi temuan ilmiah tentang kebencanaan,” jelas Handoko dalam siaran pers kepada Jurnalislam.com, Selasa (2/10/2018).

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Eko Yulianto menyebutkan, sampai saat ini belum ada satu pun teknologi di dunia yang mampu secara akurat dan presisi memprediksi kapan datangnya bencana, terutama gempa bumi.

“Jika ada pendapat yang menyatakan mampu memprediksi kapan terjadi gempa bumi beserta kekuatan magnitudonya, bisa dipastikan itu adalah hoax,” jelas Eko.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X