Responsive image

Lebih dari 2.000 Pasukan Iran Tewas di Irak dan Suriah

Lebih dari 2.000 Pasukan Iran Tewas di Irak dan Suriah

TEHERAN (Jurnalislam.com) – Lebih dari 2.000 pasukan Iran telah tewas di Irak dan Suriah, kata seorang pejabat Iran Selasa (07/03/2017).

“Sedikitnya 2.100 pasukan telah tewas di Irak dan di wilayah lain,” kata kantor berita resmi Iran IRNA mengutip Mohammad Ali Shahidi Mahallati, seorang pejabat di Yayasan Iran untuk Urusan Martir dan Veteran (Iran’s Foundation for Martyrs’ and Veterans’ Affairs), lansir Anadolu Agency.

Namun Mahallati tidak menyebutkan kapan tepatnya pasukan tersebut tewas.

Iran adalah pendukung setia rezim Syiah Nushairiyah Assad di Suriah, yang telah tercabik-cabik akibat konflik sejak 2011 ketika pasukan rezim membantai aksi unjuk rasa dengan keganasan militer tak terduga.

Sejak itu, pemerintah Iran telah mengirimkan sejumlah “penasihat militer” untuk Suriah – bersama dengan pasukan relawan Syiah dari Afghanistan, Irak dan Pakistan – untuk mendukung rezim Syiah Assad yang diperangi rakyatnya.

Teheran juga mendukung pertempuran pemerintah Irak yang sedang berlangsung di sejumlah luas wilayah di utara dan barat Irak sejak pertengahan 2014.

Pada tahun 2016, Majelis Permusyawaratan (Parlemen) Iran meloloskan RUU memberikan kewarganegaraan Iran kepada keluarga pasukan asing yang terbunuh.

November lalu, pihak berwenang Iran mengatakan, lebih dari 1.000 pasukan telah tewas di Suriah yang dilanda perang.

Pada bulan Januari, Human Rights Watch yang berbasis di New York melaporkan Korps Pengawal Revolusi Iran merekrut ribuan pengungsi Afghanistan di Iran untuk melayani militer sejak 2013.

Bagikan
Close X