Krisis Teluk, Iran Kirim Dua kapal Perangnya ke Oman

Krisis Teluk, Iran Kirim Dua kapal Perangnya ke Oman

TEHERAN (Jurnalislam.com)Iran mengirim dua kapal perang ke Oman sebelum mereka memulai misi mereka di perairan internasional di dekat pantai Yaman, kata angkatan laut negara tersebut, Aljazeera melaporkan, Ahad (11/6/2017).

Kantor berita Tasnim melaporkan bahwa kedua kapal tersebut, kapal perusak Alborz dan kapal logistik perang Bushehr, akan berangkat dari kota pelabuhan Bandar Abbas pada hari Ahad untuk misi luar negeri ke Oman dan kemudian menuju perairan internasional.

“Armada kapal angkatan laut Iran akan berangkat ke Oman pada hari Ahad dan kemudian akan pergi ke utara Samudra Hindia dan Teluk Aden,” kata badan tersebut mengutip angkatan laut itu.

Teluk Aden, yang terletak di antara Tanduk Afrika dan ujung selatan Jazirah Arab, adalah jalur pelayaran strategis yang menghubungkan samudra Hindia dengan Laut Merah dan Terusan Suez.

Langkah tersebut dilakukan di tengah krisis di Teluk setelah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan dengan Qatar karena dituduh mendukung “ekstremisme”.

Qatar membantah keras tuduhan tersebut.

Pemerintah Qatar mengatakan telah memimpin wilayah dalam menyerang apa yang disebut akar “terorisme”, termasuk memberi harapan kepada kaum muda melalui lapangan pekerjaan, mendidik ratusan ribu pengungsi Suriah dan mendanai program masyarakat untuk menantang agenda kelompok bersenjata.

“Posisi kami dalam melawan terorisme lebih kuat daripada kebanyakan penandatangan pernyataan bersama – sebuah fakta yang diabaikan oleh para penuduh,” kata pemerintah.

Bagikan
Close X