Ketika Siswa SMP Muhammadiyah Kottabarat Berbagi Kebahagiaan Ramadhan

Ketika Siswa SMP Muhammadiyah Kottabarat Berbagi Kebahagiaan Ramadhan

SURAKARTA (Jurnalislam.com)–SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta ajak 150 siswa kelas 7 dan 8 untuk menggapai kemuliaan di bulan Ramadhan 1439 H dengan mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan di Asrama Haji Donohudan, Boyolali pada Selasa hingga Rabu (5-6/6/2018).

Widi Kusumajati selaku ketua pelaksana kegiatan pesantren Ramadhan 1439 H mengatakan bahwa diadakannya kegiatan pesantren ini untuk memberikan pemahaman kepada para siswa akan arti Ramadhan sebagai bulan kemuliaan.

“Melalui kegiatan pesantren ini kita ingin memberikan edukasi kepada para siswa agar bersemangat meraih kemuliaan di bulan yang penuh kemuliaan ini dengan hal-hal yang positif,” ungkapnya kepada media di sela-sela kegiatan.

Ia menambahkan terdapat program-program dalam pesantren ini yang mengarahkan para siswa untuk menggapai kemuliaan. Para siswa mengikuti upacara pembukaan pesantren Ramadhan oleh Kepala Sekolah, Muhdiyatmoko, M.Pd.

Kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan Lomba Cerdas Cermat Al Qur’an (CCQ) dan Kaligrafi.

Setelah sholat dhuhur berjamaah, para siswa mengikuti kegiatan perlombaan seperti pidato, hafalan Al-Qur’an, Tilawah Al-Qur’an, Adzan, dan membuat bros jilbab bagi siswa putri. Kemudian menjelang berbuka para siswa melakukan kegiatan tadarus Al-Qur’an secara berkelompok.

Untuk memberikan pemahaman kepada para siswa tentang keremajaan maka pada malam hari setelah sholat isya dan tarawih diadakan kegiatan tausiyah yang diisi oleh Ustadz Nurdin.

Menurutnya, kegiatan pesantren Ramadhan ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya yang sudah diikuti para siswa seperti pengumpulan dan pembagian bakti sosial.

Pembagian barang-barang Bakti sosial yang berwujud Sembako seperti minyak goreng, gula pasir, dan mie instan dilaksanakan pada Senin (4/6/2018).

Barang-barang tersebut dikumpulkan oleh para siswa sejak dua minggu sebelumnya ke sekolah. Terdapat 90 paket sembako yang terkumpul dan dibagikan para siswa kepada warga masyarakat sekitar sekolah yang membutuhkan yakni RT 01,02,03,04 daerah Banyuanyar. Siswa membagikan langsung ke rumah warga masyarakat yang membutuhkan.

“Alhamdulillah telah terkumpul 90 paket sembako kemarin dan sudah dibagikan oleh para siswa kepada warga sekitar sekolah. Respon masyarakat dengan adanya pembagian sembako ini sangat senang dan mereka mendoakan agar siswa dan sekolah tambah berkah dan sukses,” terangnya.

Aryanto selaku Humas SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyambut gembira dan mendukung sepenuhnya program-program kegiatan dalam bulan Ramadhan 1439 H kali ini.

Ia berharap generasi Qur’ani yang senantiasa cinta Al Qur’an dan generasi Ulul Albab sebagaimana yang menjadi visi sekolah bisa terwujud.

“Harapan kami setelah para siswa mengikuti rangkaian kegiatan sekolah di bulan Ramadhan ini, para siswa menjadi rajin sholat, rajin beribadah, dan berakhlakul Karimah,” tandasnya.

Bagikan
Close X