Ke Aceh, Me-Dan Serahkan Langsung Bantuan Kepada Pengungsi Muslim Rohingya

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Lembaga kemanusiaan non pemerintah, Medis dan Aksi Kemanusiaan (Me-Dan) telah menyerahkan bantuan kepada pengungsi Muslim Rohingya di Aceh pada Rabu (21/5/2015).

Bantuan berupa makanan dan uang senilai Rp 60 juta itu diterima secara simbolis oleh perwakilan Kementerian Sosial dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Langsa dan diberikan langsung kepada pengungsi Muslim Rohingya di titik penampungan, yaitu Pelabuhan Kuala Langsa, Bayeun dan Lhokseumawe.

"Pengungsi di Langsa ada 790 orang, di Bayeun 409 orang dan Lhoksuemawe 455 orang. Kebutuhan pangan, pakaian, sanitasi cukup.Kebutuhan gizi anak kurang, mereka hanya makan lauk telor dan mie," kata Sekjen Me-Dan, Sunaryo kepada Jurniscom, Jumat (29/5/2015).

Sunaryo menceritakan pengungsi Rohignya terlihat senang atas bantuan dari Me-Dan dan masyarakat Indonesia lainnya. 

"Mereka senang sekali, bahkan ada yang nangis terharu saat kita kasihkan bantuan itu," ungkap Naryo.

Selain itu, Sunaryo yang baru saja kembali dari Aceh mengungkapkan keinginan para pengungsi Muslim Rohinya untuk tinggal di Indonesia. Pasalnya, menurut Sunaryo, mereka enggan kembali ke negaranya karena takut dibunuh.

"Pengungsi rohingya gak mau balik ke Myanmar. Dari pada jauh jauh balik untuk dibunuh mereka lebih baik mati di sini aja, silahkan bunuh kami saja kata mereka sambil mengkode tangan bentuk pistol ke kepala mereka" ujar Sunaryo mengisahkan.

Me-Dan juga masih membuka kesempatan bagi kaum Muslimin yang ingin membantu saudara Muslim lainnya yang membutuhkan di belahan bumi lainnya dalam program Peduli Umat Islam.

Partisipasi donasi ditambah angka unik untuk identifikasi alokasi

1. Rohingnya kode 1000

2. Pengadaan ambulance kode 2000

3. Syam kode 3000

4. Palestina kode 4000

Editor : Ally | Jurniscom

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.