Iran Dibalik Pembantaian Aleppo

Iran Dibalik Pembantaian Aleppo

TEHERAN (Jurnalislam.com) – Presiden Syiah Iran Hassan Rouhani menelepon rekan Syiahnya di Suriah Presiden Bashar al-Assad pada hari Rabu untuk mengucapkan selamat atas perebutan kota Aleppo, kata media resmi Iran, World Bulletin melaporkan, Rabu (14/12/2016).

“Kemenangan di Aleppo … merupakan kemenangan besar bagi Suriah melawan pejuang oposisi dan orang-orang yang mendukung mereka,” kata Rouhani kepada Assad.

Pemimpin Suriah dilaporkan menjawab bahwa Iran dibalik pembantaian warga Aleppo dalam merebut kota tersebut. (baca juga: Pengungsi Aleppo dalam Ancaman Milisi Syiah Libanon, Irak dan Iran )

Iran memang belum megirim tentara reguler untuk perang Suriah, namun mengirim sejumlah besar paramiliter Syiah Pengawal Revolusi dan telah memainkan peran koordinasi penting.

Iran: Setelah Aleppo, Kita akan Bantai Bahrain dan Yaman

Dengan hanya wilayah kecil perlawanan oposisi yang tersisa di Aleppo, pejabat Teheran mengatakan serangan tersebut menggarisbawahi berkembangnya kekuatan Syiah internasional yang dipimpin Iran di wilayah Teluk. (baca juga: PBB: Pasukan Rezim Assad dan Milisi Syiah Memasuki Rumah-rumah dan Membunuhi Warga Sipil Aleppo)

“Koalisi antara Iran, Rusia, Suriah dan Hizbullah (kelompok Syiah Lebanon yang didukung Teheran) menyebabkan penguasaan Aleppo dan selanjutnya akan membebaskan Mosul (di Irak),” kata Yahya Safavi, atas kebijakan luar negeri penasihat pemimpin tertinggi Republik Syiah Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Bagikan
Close X