Responsive image

Hina Syariat, GUIB Jatim Akan Laporkan Sukmawati

Hina Syariat, GUIB Jatim Akan Laporkan Sukmawati

SURABAYA (Jurnalislam.com) – Sekretaris Jenderal Gerakan Umat Islam Bersatu (GUIB) Jawa Timur, Ustadz Muhammad Yunus menegaskan pihaknya akan melaporkan Sukmawati Soekarnoputri ke polisi. Putri proklamator RI itu dinilai telah menistakan Syariat Islam dalam puisi berjudul Ibu Indonesia yang dibacanya dalam acara Indonesia Fashion Week 2018.

“Puisi ini sangat melukai perasaan umat Islam di Indonesia dan ini sudah masuk wilayah penistaan/penodaan agama yang harus disikapi oleh umat Islam dan para penegak hukum. Ini berdasarkan UU No.1 PNPS ’65 dan KUHP 156a,” kata Ustadz Yunus kepada Jurnalislam, Selasa (3/4/2018).

Baca juga: Pasca Puisi Sukmawati, Akun Instagram Anne Avantie Hilang dari Pencarian

Ia menjelaskan, GUIB terlebih dahulu akan berkondolidasi dengan elemen umat Islam di Jawa Timur untuk menyampaikan langkah tepat dalam menyikapi kasus ini. Pihaknya berharap, aparat segera menindaklanjuti kasus tersebut untuk menghindari semakin meluasnya gejolak di masyarakat.

“Alhamdulillah sudah ada sebagian umat yg sudah melakukan proses hukum dan melaporkan kepada kepolisian. GUIB Jatim dalam waktu dekat akan melakukan hal yang sama,” ujarnya.

Sebelumnya, PWNU Jawa Timur telah memerintahkan badan otonom yaitu Anshor untuk menyampaikan surat aduan ke Polda terkait puisi Sukmawati tersebut. PWNU menilai puisi Sukmawati sebagai ancaman bagi kebersamaan dan kerukunan berbangsa.

Bagikan
Close X