Responsive image

Gerebek Rumah Bersih, RBC #BerbagiBingkisanBergizi Bersama Dhuafa

Gerebek Rumah Bersih, RBC #BerbagiBingkisanBergizi Bersama Dhuafa

BANDUNG (Jurnalislam.com) – Selama Ramadhan 1438 H, Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) Sinergi Foundation melakukan Gerebek Rumah Bersih di sejumlah rumah dhuafa di Soreang Kabupaten Bandung, Rabu (7/6/2017). Empat orang kaum papa yang juga merupakan member RBC di daerah tersebut mendapat kesempatan kunjungan dari tim Gerebek Rumah Bersih.

Dalam kegiatan ini, para dhuafa diberi paket #BerbagiBingkisanBergizi berupa makanan-makanan sehat, seperti susu, buah-buahan, telur, dan multivitamin anak; juga seperangkat alat-alat kebersihan yang menunjang keresikan rumah mereka.

Selain itu, tim RBC pun sekaligus melakukan penyuluhan kesehatan bertema Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS). Penyuluhan ini memuat 10 tips bagi mereka dalam membina rumah sehat, di antaranya: persalinan oleh tenaga medis, memberi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah sekali seminggu, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik, dan tidak merokok.

“Barangkali tips-tips ini tak bisa sempurna mereka lakukan. Tapi melalui penyuluhan ini, kami berharap mereka bisa melaksanakan tips ini semampu mereka,” kata Tita Yulia, salah seorang tim RBC.

Nurhayati, salah seorang penerima manfaat asal Cijerah, bersyukur dengan program Gerebek Rumah Sehat. “Terima kasih RBC dan Sinergi Foundation atas bantuan makanan bergizi dan terutama ilmunya. Insya Allah ilmu tersebut akan bermanfaat untuk saya dan keluarga demi kehidupan yang lebih sehat,” tutur Nurhayati.

Nurhayati merupakan member RBC yang tinggal di sebuah gubuk ringkih di Cijerah bersama suami dan ketiga anaknya. Sempat, ia selama delapan tahun tinggal di kuburan tak jauh dari tempat tinggalnya kini, karena keterbatasan biaya. RBC sempat membantu persalinan dan dana permberdayaan untuk keluarga Nurhayati. []

Siaran Pers

Bagikan
Close X