DPR Minta Semua Fasilitas Kesehatan Lakukan Screening Ulang

DPR Minta Semua Fasilitas Kesehatan Lakukan Screening Ulang

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati meminta seluruh pusat kesehatan melakukan screening di seluruh pusat kesehatan.

Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya warga yang terpapar Corona setelah dua orang warga dinyatakan positif corona.

“Proses screening harus dilakukan di semua puskesmas di semua rumah sakit. Untuk mendeteksi apakah ada lagi yang positif Covid-19,” kata Kurniasih saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (2/3/2020).

Pemerintah melalui menteri kesehatan bisa mengeluarkan surat perintah dari menteri kepada seluruh unit layanan kesehatan. Sehingga, seluruh unit layanan kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjut, harus melakukan proses screening terhadap semua pasien.

Kurniasih menambahkan, masyarakat juga harus diimbau ketika menemukan gejala-gejala virus Corona. Masyarakat harus melaporkan ke unit layanan terdekat.

“Saya kira ini harus segera dilakukan. Masyrakat harus tetap tenang tapi waspada. Diimbau untuk segera melaporkan diri ketika menemukan indikasi Covid-19,” ujar Kurniasih.

“Kan hampir sama dengan flu. Kalau menemukan dirinya demam, flu, dan mulai sesak nafas harus segera melaporkan diri ke layanan kesehatan terdekat,” kata dia kembali menambahkan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan dua kasus pertama positif virus Corona (Covid-19) di Indonesia. Dua orang ini sempat berinteraksi dengan warga negara Jepang yang juga lebih dulu dinyatakan positif terjangkit Corona.

“Seorang ibu yang umurnya 64 tahun dan putrinya yang berumur 31 tahun. Dicek, oleh tim kita. Ternyata pada posisi yang sakit. Dicek, dan tadi pagi saya mendapatkan laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif Corona,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Senin (2/3/2020).

Sumber: republika.co.id

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X