Beri Dukungan pada Qatar, Turki akan Kirim Ribuan Pasukannya

Beri Dukungan pada Qatar, Turki akan Kirim Ribuan Pasukannya

TURKI (Jurnalislam.com)Parlemen Turki telah menyetujui sebuah undang-undang yang mengizinkan ribuan pasukannya untuk dikirim ke sebuah pangkalan militer Turki di Qatar, lansir Aljazeera, Rabu (7/6/2017).

RUU tersebut, yang disusun pertama kali di bulan Mei, disahkan dengan 240 suara yang mendukung, sebagian besar dengan dukungan dari Partai AK yang berkuasa dan oposisi nasionalis. MHP

Keputusan di hari Rabuitu merupakan dukungan nyata bagi Qatar karena menghadapi isolasi diplomatik dan perdagangan dari beberapa kekuatan terbesar Timur Tengah.

Turki adalah sekutu penting Qatar dan mendirikan sebuah pangkalan militer di negara yang juga menjadi tuan rumah pangkalan udara terbesar AS di Timur Tengah.

Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain memutuskan hubungan dengan Qatar dan menutup wilayah udara mereka bagi penerbangan komersial pada hari Senin, menuduhnya membiayai kelompok ekstremis.

Qatar dengan keras membantah tuduhan tersebut. Ini adalah perpecahan terburuk antara negara-negara Arab yang kuat dalam beberapa dasawarsa.

Presiden Turki Tayyip Erdogan telah mengkritik langkah negara-negara Arab tersebut, dengan mengatakan bahwa mengisolasi Qatar dan menjatuhkan sanksi tidak akan menyelesaikan masalah dan menambahkan bahwa Ankara akan melakukan segala upaya dengan kekuatannya untuk membantu mengakhiri krisis.

Turki telah mempertahankan hubungan baik dengan Qatar serta beberapa tetangga Teluk Arab lainnya.

Turki mendirikan sebuah pangkalan militer di Qatar, instalasi pertama di Timur Tengah, sebagai bagian dari kesepakatan yang ditandatangani pada tahun 2014. Pada tahun 2016 Ahmet Davutoglu, perdana menteri Turki, mengunjungi markas bagi 150 tentara, Harian Turki Hurriyet melaporkan.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada akhir 2015, Ahmet Demirok, duta besar Turki untuk Qatar pada saat itu, mengatakan bahwa 3.000 pasukan tentara darat pada akhirnya akan ditempatkan di pangkalan tersebut, yang direncanakan terutama sebagai tempat latihan bersama.

Bagikan
Close X