Aa Gym: Perbanyak Pergaulan dengan Kaum Dhuafa

Aa Gym: Perbanyak Pergaulan dengan Kaum Dhuafa

JAKARTA(Jurnalislam.com) — KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) menyarankan agar kita lebih banyak bergaul dengan fakir miskin dan dhuafa.

Karena hal itu, menurutnya, dapat menghidupkan dan dapat meningkatkan solidaritas kita kepada sesama manusia, terutama kepada orang-orang yang lemah dalam hal ekonomi.

“Sekarang latihan kita semua adalah mari kita lebih sering bergaul dengan saudara-saudara kita yang pahit hidupnya, yang fakir, miskin dan mereka¬† bergaulnya itu asli,” kata Aa Gym saat menyampaikan Syiar Dakwah Ramadhan “Solidaritas Umat” yang disiarkan Komisi Dakwah MUI melalui Zoom Meeting, Rabu malam (29/4).

Aa Gym mengatakan jika kita menginginkan umat Islam semua bergerak dengan solidaritas, maka harus banyak bergaul dengan orang-yang lemah. Menurutnya, solidaritas umat Islam saat ini sudah bagus, namun mesti ditingkatkan lagi.

Alhamdulillah sekarang kita sudah bagus tetapi sebetulnya kalau kita dengar, potensi kita harusnya lebih bagus lagi,” ujarnya.

Pendiri pondok pesantren Daarut Tauhid ini menyampaikan, ajakan banyak bergaul dengan orang miskin itu merupakan tujuh wasiat Rasulullah kepada sahabatnya Abu Dzar ra.

Dari tujuh wasiat Rasulullah kepada Abu Dzar, yang pertama adalah supaya mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka.

“Anjuran dekat dengan orang miskin ini seperti wasiat Rasulullah kepada Abu Dzar, di antara tujuh wasiatnya itu kan wasiat pertama cintai dan bergaullah dengan orang miskin,” katanya.

Sumber: republika.co.id

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X