Responsive image

Warga Rohingya di Eropa: Aung San Suu Kyi Mendukung Pembunuhan Massal

Warga Rohingya di Eropa: Aung San Suu Kyi Mendukung Pembunuhan Massal

ANKARA (Jurnalislam.com) – Warga Rohingya yang bermukim di Eropa mengatakan pada hari Jumat (15/9/2017) bahwa Aung San Suu Kyi, penasihat negara Myanmar yang juga pemenang Nobel, mendukung “genosida” Muslim Rohingya di negaranya.

Hla Kyaw, kepala Dewan Rohingya Eropa, mengatakan kepada Anadolu Agency di Ankara bahwa Suu Kyi hanya duduk dan berjaga-jaga, saat “tentara terus membakar rumah dan desa” di negara bagian Rakhine, Myanmar barat.

Kyaw mengatakan bahwa pemimpin de facto itu “tidak hanya terlibat dalam genosida, namun dia juga merupakan pasangan genosida.”

Suu Kyi berada di bawah tekanan internasional karena hanya diam dalam menghadapi kekejaman terbaru di negara bagian Rakhine yang, menurut PBB, telah memaksa sekitar 400.000 orang untuk melarikan diri ke Bangladesh.

Pada hari Jumat, juru bicara UNICEF Marixie Mercado mengatakan 36.000 bayi Rohingya berusia di bawah satu tahun dan 92.000 anak di bawah usia lima tahun tiba di Bangladesh.

Para pengungsi tersebut melarikan diri dari kekerasan baru di mana pasukan Budha Myanmar dan gerombolan preman Buddha membunuh pria, wanita dan anak-anak, serta menjarah rumah dan membakar desa Muslim Rohingya.

Menurut pemerintah Bangladesh, sedikitnya 3.000 orang Rohingya tewas dalam tindakan keras tersebut.

Rohingya, yang digambarkan oleh PBB sebagai kaum Muslim paling teraniaya di dunia, menghadapi serangan dengan ketakutan yang meningkat sejak puluhan orang terbunuh dalam kekerasan komunal pada tahun 2012.

Bagikan
Close X