‘Tangkap Joshua, Atau Akan Terjadi Pengadilan Jalanan’

‘Tangkap Joshua, Atau Akan Terjadi Pengadilan Jalanan’

SOLO (Jurnalislam.com)- Ketua DPC Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Muhammad Taufiq mendesak Pemerintah untuk segera menangkap Joshua Suherman, jika tidak, kata dia, akan ada sekelompok massa yang akan melakukan main hakim sendiri, akibat tidak percaya lagi dengan hukum di Indonesia.

“Joshua mau tidak mau menurut saya harus ditangkap, kalau tidak nanti ini akan menjadi panjang, banyak, kalau tadi negara yang mempunyai hukum tidak bisa menegakan hukum nanti akan akan ada pengadilan jalanan atau street justice,” katanya di firma hukumnya Laweyan, Solo, kamis, (11/1/2017).

“Jangan sampai kasus Joshua ini jadi Street Justice, caranya segera periksa Joshua, tegakkan hukum, maka selesai, soal nanti dia kantor tanda tangan diatas materai ya silahkan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Taufik menilai, meski Indonesia negara berdasarkan hukum, tetapi saat ini, kata dia, dalam pelaksanaanya, hukum di Indonesia belum bisa ditegakan dan masih di monopoli oleh kekuasaan.

“Hukum yang paling baik itu aturan yang jelek di tangan yang baik, hukum jelek itu hukum yang baik di tangan yang jelek, kalau Indonesia sekarang hukum jelek di tangan yang jelek, itu masalahnya,” ujarnya.

Pakar Hukum Universitas Djuanda Bogor tersebut juga memberi saran kepada penegak hukum di Indonesia, jika tidak bisa menegakan hukum terhadap Joshua, katanya, lebih baik diberi hukuman sosial di masyarakat agar dia merasa jera.

Nggak usah dipenjara, jadi ngomong saja ‘saya Joshua saya goblok dan saya tidak mengulanginya lagi’ tapi di muka hukum,” tandasnya.

Bagikan
Close X