Pentagon Anggarkan Dana $ 850 Juta Untuk Milisi PYD Tahun 2019 (info grafik)

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Pentagon pada hari Senin (12/2/2018) meminta dana $ 300 juta untuk melatih dan melengkapi kelompok teror PYD/PKK, yang juga menggunakan nama SDF, dan $ 250 untuk membangun “pasukan pertahanan perbatasan” pimpinan kelompok teror tersebut di Suriah, lansir Anadolu Agency.

Menurut proposal anggaran Pentagon, rencana mereka untuk tahun 2019 juga berisi $ 850 juta untuk kegiatan melatih dan memperlengkapi aktivitas di Irak untuk melawan elemen Islamic State (IS).

Moskow: Pentagon Persenjatai Milisi PYD dengan Senjata Canggih

“Dukungan pelatihan, peralatan, dan operasi dalam permintaan ini akan mengkonsolidasikan keuntungan yang dicapai terhadap IS dan mencegah kemunculannya kembali,” katanya dalam proposal tersebut.

Dengan proposal anggaran barunya, Pentagon berencana mengalokasikan total $ 1,4 miliar untuk tahun fiskal 2019, sedikit di bawah anggaran 2018 yang berjumlah $ 1,8 miliar.

AS salama ini mendukung PYD/PKK, yang merupakan cabang Suriah dari organisasi teror PKK yang telah berperang lebih dari 30 tahun melawan negara Turki.

Kiriman Senjata Berat ke PYD Disita Faksi Jihad di Aleppo

Dukungan Amerika untuk kelompok teror tersebut telah lama menjengkelkan Ankara karena Washington memandang SDF PYD / PKK sebagai “mitra terpercaya”, terus menyediakan senjata dan peralatan walaupun Turki sangat keberatan.

PKK telah bertempur dalam perang 33 tahun melawan Turki yang mengakibatkan puluhan ribu korban jiwa.