Responsive image

Pasukan Irak Kembali Rebut 3 Wilayah di Distrik Tal Afar dari IS

Pasukan Irak Kembali Rebut 3 Wilayah di Distrik Tal Afar dari IS

BAGHDAD (Jurnalislam.com) – Pasukan Irak pada hari Kamis (24/8/2017) merebut kembali tiga lingkungan di distrik Tal Afar, Irak utara, menurut sumber militer Irak.

Dalam pernyataan yang disiarkan di televisi pemerintah Irak, Abdul-Amir Rashid Yarallah, kepala Komando Operasi Gabungan Angkatan Darat, mengatakan pasukan Irak telah merebut kembali wilayah Al-Nour al-Oula barat dan daerah Al-Khadraa dan Al-Jazeera di timur, lansir Anadolu Agency .

“Lebih dari 300 pasukan IS tewas dalam pertempuran tersebut,” Komandan Komando Operasi Gabungan, Yahia Rasoul, mengumumkan dalam sebuah konferensi pers bersama di Baghdad yang diadakan dengan Kolonel Angkatan Darat AS Ryan Dillon, seorang juru bicara untuk sebuah koalisi pimpinan AS yang bertempur bersama pasukan Irak.

Menurut Rasoul, jumlah keseluruhan wilayah yang telah direkonstruksi dari IS sejak operasi dimulai lima hari lalu sekarang mencapai jumlah 31.

Dillon mengatakan bahwa pasukan IS yang bersembunyi di kota Tal Afar sekarang “dikepung sepenuhnya”, kemudian menyatakan bahwa kelompok IS tersebut “berada di ambang kekalahan besar lainnya”.

Pasukan Irak, yang didukung oleh koalisi pimpinan AS, meluncurkan operasi militer baru pada hari Ahad untuk merebut Tal Afar dari IS.

Tal Afar, sebuah distrik yang didominasi Turkmenistan, diserbu oleh kelompok IS pada pertengahan 2014, bersama dengan sejumlah wilayah luas di Irak utara dan barat.

Unit tentara Irak, polisi federal, pasukan kontra-IS dan Hashd al-Shaabi (pasukan tempur Syiah yang dimasukkan ke dalam tentara tahun lalu) semuanya ambil bagian dalam operasi besar tersebut.

Sebelum operasi, tentara Irak telah mengumpulkan sekitar 400.000 tentara untuk persiapan merebut kembali distrik tersebut.

Bagikan
Close X