Pangeran Salman Bin Abdul Azis Pengganti Tahta Saudi

RIYADH (Jurnalislam.com) – Raja Saudi Abdullah bin Abdelaziz telah meninggal dan Pangeran Mahkota Salman telah dinyatakan sebagai raja baru.

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh TV Saudi Jumat dini hari (23/01/2015), Saudi Royal Court mengumumkan kematian Raja Abdullah.

Saudi Royal Court juga menyatakan Putra Mahkota Salman bin Abdelaziz sebagai raja baru negara Teluk yang kaya akan minyak tersebut dan Pangeran Muqrin bin Abdelaziz sebagai Putra Mahkota baru.

Abdullah baru-baru ini dirawat di rumah sakit setelah menderita infeksi paru-paru.
Dia didiagnosis memiliki pneumonitis, sehingga dokter rumah sakit memberikan dia tabung oksigen untuk membantunya bernapas.

Abdullah menjalani operasi punggung pada November 2012. Sejak saat itu, ia telah menahan diri menghadiri acara di luar kerajaan, termasuk KTT wilayah Teluk baru-baru ini yang diselenggarakan di ibukota Qatar, Doha.

Salman, 79 tahun, adalah saudara tiri almarhum raja. Dia diangkat menjadi putra mahkota pada bulan Juni 2012 setelah kematian almarhum putra mahkota, Naif.
Muqrin juga merupakan saudara tiri Abdullah dan putra bungsu pendiri Arab Saudi. Dia menjabat sebagai wakil perdana menteri kedua dan utusan khusus raja. 

 

Deddy | Anadolu Agency | Jurniscom

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.